Ada Fenomena Baru di Langit, Tanda Peradaban Alien?

Ilustrasi alien.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Para astronom menemukan adanya siklus dari fenomena kilatan langit, yang disebut ledakan radio cepat. Aktivitas ini berpotensi menggali lebih lanjut soal fenomena yang terjadi di luar angkasa.

Ilmuwan Selangkah Lagi Menemukan Alien

Fenomena ini ditemukan pada Januari tahun ini, dan disebutkan terjadi secara berulang. Diberi nama FRB 180916.J0158+65, peristiwa ini memiliki siklus 16 hari, yaitu melepaskan cahaya selama empat hari dan diam 12 hari, lalu kembali dari awal.

FRB 180916 diketahui sebagai yang pertama meletus secara periodik. Namun, akhirnya para ilmuwan menemukan kilatan dengan sifat yang sama.

Perburuan Alien Tetap Gaspol

Mengutip laman Space, Selasa, 9 Juni 2020, para peneliti menemukan FRB 121102 yang mengalami pengulangan selama 147 hari. Yaitu dengan menyemburkan cahaya selama 90 hari, dan diam 67 hari sebelum melakukan pengulangan aktivitas.

Aktivitas FRB ini ditemukan oleh Lovell Telescope, antena parabola dengan lebar 76 meter di Jodrell Bank Observatory Inggris. Pengamatan dilakukan tim peneliti selama lima tahun terakhir.

Apakah di Luar Angkasa Ada Bau?

Ledakan radio cepat atau Fast Radio Burst (FRB) merupakan kilatan cahaya, yang melepaskan energi dalam beberapa detik sebanyak energi matahari selama satu abad. Para ilmuwan menemukan kilatan cahaya ini pertama kali pada 2007, namun penyebabnya hingga kini masih sulit dipahami.

Para ilmuwan memang memiliki sejumlah ide untuk fenomena tersebut. Misalnya saja, kilatan periodik ini bisa disebabkan oleh goyangan rotasi bintang neutron dengan magnet tinggi yang dikenal sebagai magnetar.

Selain itu kesimpulan lain adalah kaitannya dengan gerakan orbital neutron pada sistem bintang biner. Namun ada pula yang menghubungkan dengan peradaban alien canggih.

Baca juga: Besok Asteroid 2002 PZ39 'Si Pembunuh Planet' Bakal Binasakan Bumi?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya