Ada Noda di Titan, Satelit Milik Planet Saturnus
Kamis, 18 Juni 2020 | 10:00 WIB

Ada Noda di Titan, Satelit Milik Planet Saturnus

Noda tersebut berada di wilayah tropis Titan.
Titan.
Photo :
  • Scientias

Titan.

VIVA – Misteri Titan, satelit alami milik Planet Saturnus, yang dahulu sempat membuat bingung banyak ilmuwan akhirnya terpecahkan. Noda atau bercak-bercak terang aneh di wilayah tropis Titan kemungkinan besar adalah hamparan danau dan laut yang mengering, menurut studi terbaru. Titan merupakan Bulan kedua terbesar di Tata Surya.

Dikutip dari situs Space, Kamis, 18 Juni 2020, hasil studi menjelaskan sejarah iklim di Titan dan memberi informasi tentang lingkungan yang berpotensi dihuni di planet asing. Antara 2000 dan 2008 teleskop radio Arecibo Observatory di Puerto Rico dan Green Bank Obsercatory di Virginia Barat melihat selusin daerah yang sangat terang, yang lebarnya 5.150 kilometer.

Tambalan-tambalan itu pada 10 tahun lalu diprediksi sebagai danau atau laut, diperkirakan menyimpan bukti-bukti kehidupan, kata pemimpin penelitian pada saat itu Jason Hofgartner dari NASA Jet Propulsion Laboratory, California, AS.

Penelitian lebih lanjut dilakukan dengan mengirim pesawat ruang angkasa NASA Cassini yang tiba di orbit Saturnus pada 2004. Pesawat menemukan danau dan laut di Titan, menunjukkan bahwa Titan memiliki cuaca aktif berdasarkan hidrokarbon cair.