2 Kejutan dari Google, Salah Satunya Indonesia yang Pertama
Rabu, 24 Juni 2020 | 15:31 WIB

2 Kejutan dari Google, Salah Satunya Indonesia yang Pertama

Kejutan apa diberikan Google?
Google.
Photo :

Google.

VIVA – Google punya dua kejutan untuk penggunanya. Pertama, fitur cek fakta untuk Google Foto. Kedua, meluncurkan Google Cloud Platform (GCP) di Indonesia. Platform ini adalah yang pertama hadir di Asia Tenggara. Fitur cek fakta untuk membantu orang memiliki lebih banyak informasi soal apa yang dilihat di internet.

"Foto dan video adalah cara terbaik untuk membantu orang mengerti apa yang terjadi di dunia. Namun, kekuatan media visual memiliki jebakan, khususnya saat pertanyaan seputar asal-usul, keaslian atau konteks pada gambar," demikian menurut Google, seperti dikutip dari CNET, Rabu, 24 Juni 2020.

Label cek fakta muncul di bawah thumbnail gambar untuk beberapa hasil pencarian. Pengguna bisa melihat kesimpulan fakta dengan menekan gambar. Selain itu label akan muncul untuk memeriksa artikel berita mengenai sebuah gambar yang spesifik, termasuk gambar yang ada dalam pemberitaan.

Google juga mengatakan pemeriksaan cek fakta ini berasal dari tim independen dan otoritatif yang sesuai dengan kriteria spesifik perusahaan. Selanjutnya, Google Cloud Platform (GCP), yang resmi diperkenalkan perdana di Jakarta.