Cara Ilmuwan Nyari Alien, dari Jupiter hingga ke Lubang Hitam
Jumat, 26 Juni 2020 | 05:45 WIB

Cara Ilmuwan Nyari Alien, dari Jupiter hingga ke Lubang Hitam

Mencari alien seperti menemukan jarum ditumpukan jerami.
Alien.
Photo :
  • Dok. Istimewa

Alien.

VIVA – Ilmuwan melakukan banyak cara untuk mencari makhluk hidup di luar Bumi seperti alien. Tak tanggung-tanggung, mereka mulai menelisik aline dari Planet Jupiter hingga lubang hitam (black hole).

Sebuah teori berusia 50 tahun mengungkapkan bagaimana mencari alien. Yakni, menggunakan lubang hitam untuk mendapatkan energi. Cara tersebut dipakai fisikawan Inggris, Roger Penrose, pada 1969 yang akhirnya terus berkembang hingga saat ini.

Saat itu ia mengatakan energi bisa dihasilkan dengan menurunkan suatu beda ke lapisan terluar lubang hitam, ergosfer. Caranya dengan menjatuhkan sebuah obyek dan membaginya menjadi dua, sehingga salah satunya jatuh ke lubang hitam dan lainnya selamat, seperti dikutip laman Express, Jumat, 26 Juni 2020.

Setengah benda tersebut akan mendapat energi yang diektrasi dari rotasi libang hitam. Namun, ada skala tantangan teknis pada klaim tersebut, yaitu hanya ras yang maju kemungkinan alien bisa menyelesaikan tugas tersebut.

Planet Jupiter dengan empat Bulannya

Dua tahun kemudian, fisikawan lainnya Yakov Zel'dovich mengatakan teori tersebut dengan percobaan yang praktis dan membumi. Caranya dengan membengkokkan gelombang cahaya dan mengenai permukaan silinder logal yang berputar dengan kecepatan tertentu.