Bikin Desain Toilet Hadiahnya Rp500 Juta, Dikumpulkan Pas HUT RI

Bikin Desain Toilet Hadiahnya Rp500 Juta, Dikumpulkan Pas HUT RI

Senin, 29 Juni 2020 | 15:51 WIB
Desain toilet untuk astronot di Bulan.
Ilustrasi toilet.
Photo :
  • Dok. Istimewa

Ilustrasi toilet.

VIVA – Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) membuka kompetisi desain toilet untuk digunakan astronot di Bulan. Kompetisi ini berhadiah US$35 ribu atau Rp500 juta yang dibagi untuk tiga desain terbaik. Masyarakat diminta mengumpulkan ide-idenya pada 17 Agustus, di mana bertepatan dengan HUT RI ke-75, serta pemenang akan diumumkan akhir September 2020.

Perjalanan ke permukaan Bulan memiliki tantangan tersendiri, bahkan lebih sulit daripada perjalanan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Dikutip dari situs Independent, Senin, 29 Juni 2020, tantangan termasuk bagaimana cara astronot di Bulan menggunakan toilet karena satelit alami Bumi itu memiliki gravitasi yang lebih sedikit.

NASA meminta masyarakat memberi usul konsep desain toilet praktis yang dapat beroperasi pada gravitasi mikro dan gravitasi Bulan. Sebenarnya sudah ada toilet di ISS tetapi dirancang khusus dengan gaya berat mikro.

Misi Artemis

Hal ini berbeda dengan gravitasi minim di permukaan Bulan. NASA juga ingin ukuran toilet yang lebih kecil dan efisien mengingat mahalnya biaya ruang dan berat di pesawat antariksa yang akan membawa astronot kembali ke Bulan dalam Misi Artemis.

Berita Terkait :
Saksikan Juga