Cara Ini Bisa Bikin Facebook Pelan-pelan Jatuh
Selasa, 30 Juni 2020 | 08:00 WIB

Cara Ini Bisa Bikin Facebook Pelan-pelan Jatuh

Merek dunia ogah beriklan di Facebook karena ujaran kebencian.
Facebook.
Photo :
  • Trusted Reviews

Facebook.

VIVA – Sejumlah merek atau brand dunia berhenti beriklan di media sosial seperti Facebook dan grupnya yang disebabkan oleh banyaknya ujaran kebencian atau hate speech serta lamban dalam mengatasinya di platform tersebut. Nama terakhir yang mengeluarkan keputusan itu adalah Starbucks, tetapi mereka mengaku hanya bersifat sementara.

Sebelumnya, nama-nama merek besar sudah lebih dahulu melakukan boikot iklan di platform milik Mark Zuckerberg tersebut pada Juli 2020. Mereka di antaranya Unilever, Verizon, North Face, Patagonia, Ben&Jerry's, Magnolia Pictures, Honda, dan Hershey. Bahkan, Coca Cola melangkah lebih jauh dari sejumlah merek tersebut.

Perusahaan minuman soda itu memutuskan tidak beriklan di seluruh platform media sosial secara global mulai awal Juli. Akibat boikot tersebut, saham Facebook turun sebanyak delapan persen pada Jumat, 26 Juni lalu yang mengakibatkan kekayaan Zuckerberg turun hingga US$7 miliar atau sekitar Rp100 triliun.

Baca: Harta Mark Zuckerberg Menyusut