Logo ABC

Seperti Apa Hidup Normal yang Baru Pasca Corona? Kota Ini Contohnya

Mural Lawan Virus Corona.
Mural Lawan Virus Corona.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

PERTH – Di saat dunia masih bergulat menangani pandemi Virus Corona COVID-19, termasuk Australia dengan peningkatan penularan di Negara Bagian Victoria, maka sulit membayangkan kapan kehidupan manusia bisa kembali normal yang baru (new normal).

Tapi Australia Barat seperti berada di planet lain. Saat berjalan di Perth tak terasa jika ibu kota Australia Barat ini pernah ditutup sebelumnya karena pandemi.

Kepala Negara Bagian Australia Barat, Premier Mark McGowan, sejauh ini masih menolak membuka perbatasan negara bagiannya dengan negara bagian lain.

Australia Barat memiliki keuntungan geografis, karena berada di kawasan yang jauh terpisah dari ibukota negara bagian lain, melewati gurun dan lainnya.

Ibu kota negara bagian lain yang jaraknya paling dekat dengan Perth adalah Adelaide di Australia Selatan, itu pun sejauh 2.131 kilometer.

Secara nasional, jumlah kasus baru COVID-19 di Australia terus menurun. Karenanya Australia Barat menurunkan statusnya ke Fase 4, yakni melonggarkan semua aturan pembatasan terkait virus corona.

Tanda-tanda kehidupan kembali normal sudah terlihat di pusat perbelanjaan, jalan, bar dan taman di kota Perth yang jika tak ada penularan baru lagi akan semakin sibuk.

Berikut beberapa perbandingan mengenai kehidupan di Perth ketika di puncak masa pandemi di Australia dan sekarang.

A deserted pedestrian mall in Perth Mall Murray Street di Perth tanggal 7 April lalu hampir tidak ada yang datang berbelanja.