Gimana Nasib Infrastruktur Telekomunikasi di Ibu Kota Baru?

Desain ibu kota baru.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Pemerintah memilih Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur menjadi ibu kota baru Indonesia pada tahun lalu. Keputusan ini membuat operator seluler fokus membangun infrastruktur telekomunikasi di kedua wilayah tersebut.

Pilkada Kukar 2024, Dendi Suryadi Unggul Versi Survei LKPI

Salah satunya PT XL Axiata Tbk yang memperkuat jaringan data dan telekomunikasi di sepanjang Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam). Tol ini telah diresmikan pada 17 Desember 2019 oleh Presiden Joko Widodo.

"Keberadaan Tol Balsam tentunya akan sangat vital bagi mobilitas masyarakat Kalimantan Timur, saat ini dan ke depannya. Apalagi ketika nantinya pembangunan ibu kota negara yang baru di Penajam Paser Utara mulai dikerjakan," kata Pelaksana Tugas Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, Sabtu, 4 Juli 2020.

Jokowi: Kota Nusantara Hidup Tidak Hanya Pemerintahan tapi Ramai di Semua Sektor

Tol Balsam merupakan tol pertama di Kalimantan dan memiliki panjang 99,35 kilometer. Di wilayah tersebut sudah tersedia lebih dari 190 BTS XL Axiata yang beroperasi dan 80 di antaranya merupakan BTS 4G LTE.

Untuk sembilan kabupaten/kota di Kalimantan Timur, XL Axiata sudah memiliki 2.200 BTS. Dari jumlah itu termasuk di antaranya 890 BTS untuk 4G LTE.

9 Petani Pertahankan Lahan dari Pembangunan Bandara IKN Ditangkap Seperti Teroris, Keluarga Protes

Adapun kabupaten/kota yang sudah tercover jaringan data XL Axiata yaitu Balikpapan, Samarinda, Bontang, Berau, Kutai Timur, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Paser dan Penajam Paser Utara.

"Kami juga menyiapkan pembangunan infrastruktur telekomunikasi sesuai dengan rencana pemerintah yang akan membangun jalan tol baru terusan dari Samarinda-Bontang sepanjang 60 kilometer. Jalan tol inilah yang menghubungkan Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara lewat Tol Balsam," ungkap Gede.

Ilustrasi Pemilu 2024.

Unggul di Survei, Dendi Suryadi Punya Potensi Menangkan Pilkada Kukar 2024

Dendi Suryadi dinilai punya keunggulan versi survei TBRC untuk Pilkada Kukar. Masyarakat ingin Dendi bisa pimpin Kukar di tahun 2024

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2024