Cepat Lakukan Ini Jika Tak Ingin Ada Lagi Korban 'Telanjang'

Cepat Lakukan Ini Jika Tak Ingin Ada Lagi Korban 'Telanjang'

Selasa, 7 Juli 2020 | 07:45 WIB
Korban telanjang yang dimaksud bocornya data pribadi di dunia maya.
Ilustrasi data pribadi dan password.
Photo :
  • www.pixabay.com/TBIT

Ilustrasi data pribadi dan password.

VIVA – Dua kasus kebocoran data pribadi kembali menyeruak di Indonesia. Keduanya dialami Tokopedia dan pegiat media sosial Denny Siregar. Startup unicorn itu mengalami nahas karena salah satu anggota grup keamanan siber di Facebook membagikan link tautan untuk mengunduh data pribadi 91 juta pengguna Tokopedia secara gratis.

Data ini adalah data yang sama, yang diperjualbelikan di situs dark web seharga US$5 ribu atau Rp72 juta pada Mei 2020. Tokopedia juga sudah melaporkan kasus peretasan ke kepolisian.

Sedangkan Denny Siregar mengalami kebocoran data pribadi yang diumbar oleh akun Twitter @opposite6891 dari nomor telepon Telkomsel miliknya. Alhasil, ia menuntut jawaban dari Telkomsel beserta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) atas masalah kebocoran data pribadi.

Investigasi

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate langsung angkat bicara. Ia meminta untuk segera dilakukan investigasi internal menyeluruh, khususnya musibah yang dialami oleh Denny Siregar.

Dalam pelaksanaan registrasi pelanggan jasa telekomunikasi telah diatur dalam Permenkominfo Nomor 12 Tahun 2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi, seluruh penyelenggara jaringan bergerak seluler selaku badan usaha wajib tunduk pada peraturan perundang-undangan.

Isi dari aturan tersebut menegaskan bahwa penyelenggara jaringan bergerak seluler wajib merahasiakan data dan/atau identitas pelanggan serta wajib memiliki sertifikasi paling rendah ISO 27001 untuk keamanan informasi dalam mengelola data pelanggan.

Menkominfo Johnny G Plate.

ISO 27001 adalah sertfikasi manajemen keamanan informasi itu mensyaratkan adanya implementasi kontrol keamanan spesifik untuk melindungi aset informasi dan seluruh gangguan keamanan, termasuk potensi kebocoran data.

Berita Terkait :
)
Saksikan Juga