Berharap Jangan Hanya Cari Untung dari Kompetisi PUBG Mobile
Selasa, 7 Juli 2020 | 17:05 WIB

Berharap Jangan Hanya Cari Untung dari Kompetisi PUBG Mobile

Pemerintah dan swasta berlomba-lomba adakan kompetisi PUBG Mobile.
PUBG Mobile
Photo :
  • U-Report

PUBG Mobile

VIVA – Pesatnya perkembangan industri kreatif bidang eSports dunia, termasuk di Indonesia, dalam beberapa tahun ini mengalami tren yang positif. Bahkan terus menanjak. Data Newzoo 2019 menyebutkan pengguna smartphone di Indonesia mencapai 82 juta lebih, dan lebih dari 52 juta orang adalah pemain game mobile.

Hal tersebut menempatkan Indonesia di peringkat 17 dunia sebagai pengguna game mobile terbanyak dan menyumbang sebesar US$624 juta atau setara Rp8,7 triliun untuk mobile gaming sepanjang tahun lalu.

Hingga saat ini perkembangan industri eSports telah memberikan banyak manfaat bagi orang banyak. Industri ini telah banyak membuka lapangan pekerjaan baru di sektor kreatif yang berimbas keuntungan terhadap ekonomi yang tidak sedikit bagi Indonesia.

Tak hanya memperoleh penghasilan dari menjadi atlet di industri ini, namun seseorang dapat berperan sebagai organizer, shoutcaster, konten kreator, dan berbagai profesi lain sesuai talentanya masing-masing di kompetisi eSports yang banyak digelar di dalam negeri.