BMKG Dunia: Banyak Bencana Besar akan Menerpa Bumi
BMKG Dunia: Banyak Bencana Besar akan Menerpa Bumi
https://asset.viva.co.id/appasset-2018/mobile-2018/img/logo-bbc.jpg?v=8.7.12
Jumat, 10 Juli 2020 | 08:33 WIB

BMKG Dunia: Banyak Bencana Besar akan Menerpa Bumi

https://thumb.viva.co.id/media/frontend/thumbs3/2020/07/09/5f0733b934ccb-pemanasan-global-suhu-bumi-kemungkinan-naik-lebih-dari-1-5-derajat-celcius-apa-dampaknya-bagi-kita_663_382.jpg
Photo :
  • bbc

Seorang anak mencoba mendinginkan kepalanya saat gelombang panas di Gaza (BBC Indonesia)

Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) mengatakan ada peluang yang berkembang bahwa suhu global akan naik lebih dari 1,5 derajat Celcius selama lima tahun ke depan. Padahal sejumlah negara di dunia menyetujui target untuk menjaga kenaikan suhu global dunia agar tetap di bawah 1,5 derajat Celcius abad ini. Hal itu diatur dalam Persetujuan Paris pada tahun 2015.

WMO mengatakan ada peluang sebesar 20% ambang batas itu akan terlewati satu tahun sebelum 2024. Ada peluang juga batas itu akan terlewati dalam sebulan atau lebih dalam kurun waktu lima tahun tersebut. Para ilmuwan mengatakan studi ini bermakna tugas berat mengendalikan tingkat perubahan iklim.

Penilaian baru ini, yang dilakukan oleh Kantor Met untuk Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) Inggris, mengatakan ada peluang yang semakin besar bahwa ambang 1,5 derajat Celcius ini akan dilanggar.

Para peneliti mengatakan suhu tahunan rata-rata Bumi sudah lebih dari 1 derajat Celcius lebih tinggi dari pada tahun 1850-an - dan angkanya mungkin akan tetap di sekitaran itu selama lima tahun ke depan.

Studi sebelumnya menyebutkan peluang melewati ambang 1,5C derajat Celcius adalah sekitar 10% - yang sekarang berlipat ganda dan meningkat seiring waktu.

Saksikan Juga

Jokowi: Master Plan Jakarta Sudah Ada, Gak Usah Ide-ide Baru

BERITA - 7 bulan lalu
loading...