Netflix Bikin Telkomsel 'Berbunga-bunga'

Kantor Netflix di Singapura.
Sumber :
  • VIVA/Lazuardhi Utama Rifki

VIVA – Trafik jaringan Netflix di Telkomsel dikabarkan langsung menanjak. Padahal baru satu minggu platform video-on-demand asal Amerika Serikat (AS) itu dibuka aksesnya oleh Telkom Group. Kehadiran Netflix diakui membuat permintaan pengguna Telkomsel terhadap platform yang didirikan Reed Hastings itu tinggi.

Intip Persiapan Telkomsel 'Mengukur Jalan' Jelang Lebaran

"Sebenarnya ada. Tapi untuk detailnya nanti kita akan laporkan secara terpisah dalam waktu dekat. Ini kan baru satu minggu," kata Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, di Kantor Telkomsel, Jakarta, Senin, 13 Juli 2020.

Tak hanya itu. Ia juga mengaku dengan kualitas jaringan hingga upgrade ke 4,9G yang mempertemukan permintaan pengguna untuk mengakses Netflix. Denny mengatakan jika akses Netflix dibuka menandakan pengguna Telkomsel punya banyak pilihan untuk mengakses konten hiburan, setelah sebelumnya sudah ada platform serupa.

Telkomsel Jadi Donatur Terbesar

"Netflix salah satu opsi saja. Karena, kami percaya masing-masing punya segmen pasar. Kalau segmen drakor (drama Korea) nyarinya di platform yang lain. Film Indonesia juga ada platform yang lain," jelas Denny.

Sebagai informasi, pada 7 Juli 2020, Netflix resmi dapat diakses di jaringan Telkom Group. Selain Telkomsel, platform video streaming itu juga bisa ditonton untuk pengguna Indihome dan wifi.id.

Masyarakat Diminta Jangan Gampang Umbar Data Pribadi

Vice President Corporate Communications Telkom, Arif Prabowo, mengatakan jika Netflix menunjukkan komitmen bekerja sama dengan melakukan sejumlah langkah.

Salah satunya memastikan ketersediaan tools dalam sistem untuk pembatasan akses tayangan senitif dan ketidaksesuaian umur bagi pelanggan, dalam hal ini parental control.

Netflix dikatakan juga menyediakan mekanisme untuk penangan keluhan pelanggan. Termasuk juga mendengar masukan dan bersedia menyelesaikan keluhan Pemerintah atau regulator dalam waktu 24 jam atau sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Netflix juga menyepakati komitmen kepatuhan yang ada pada Self Regulatory Code for Subscription Video on Demand Industry in ASEAN.

Salah satu isinya adalah tidak menayangkan prohibited content yaitu konten yang melanggar hak cipta, mengandung pornografi anak, terorisme dan melanggar hak atas kekayaan intelektual (HAKI), serta mendiskreditkan kelompok masyarakat tertentu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya