Logo WARTAEKONOMI

Ekosistem Digital Kunci Bertahan di Tengah Pandemi

Trik Menghadapi Pandemi, Dusdusan.com Lakukan Hal Ini. (FOTO: Ist)
Trik Menghadapi Pandemi, Dusdusan.com Lakukan Hal Ini. (FOTO: Ist)
Sumber :
  • wartaekonomi

Masa pandemi bukan masa yang mudah bagi semua orang tanpa terkecuali pelaku usaha. Bagaimana tidak, cakupan pengaruh terdampak Covid-19 hampir meliputi seluruh aspek, baik kesehatan, ketahanan pangan, hingga ekonomi. Menariknya, setidaknya dalam bidang UMKM ada satu sektor yang dinilai lebih mampu bertahan hadapi krisis di masa pandemi.

Melansir laman Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan UMKM yang mampu bertahan di era pandemi ialah UMKM yang terkoneksi dengan ekosistem digital. Hal ini sejalan dengan apa yang telah dilakukan oleh Dusdusan.com selaku platform reseller bisnis online di Indonesia.

Dusdusan.com menyadari agar bisa tetap bertahan, diperlukan keahlian yang mumpuni, salah satunya di bidang digital. Berbagai kelas pembelajaran diselenggarakan melalui dunia maya, sebagai upaya peningkatan kapasitas para reseller melalui usaha yang dijalankannya.

CEO & Co-Founder Dusdusan.com Christian Kustedi menerangkan program mentoring yang diselenggarakan adalah dari reseller untuk reseller, dengan menggandeng reseller lain sebagai mentor. Mentor yang juga merupakan ibu rumah tangga ini telah terbukti mampu bertahan dan produktif dengan usaha yang digelutinya melalui platform Dusdusan.com.

“Melihat kondisi ekonomi yang kian terpuruk, ini justru bukan saatnya untuk menyerah. Program mentoring selama 8 minggu dijalankan untuk menyemangati dan menjadi pembekalan bagi para reseller dalam menjalani usaha, khususnya secara online. Mengingat perilaku konsumen telah berubah dengan peningkatan belanja online,” ujar Christian dalam keterangan resminya.

Selain mendukung kapasitas reseller dalam hal digital, Dusdusan.com turut perluas kategori produk sebagai upaya mengakulturasi perubahan permintaan konsumen. Salah satunya, Dusdusan.com menjalin kolaborasi dengan Champ Resto Indonesia serta Golden Mom.

“Kami menilai potensi pasar produk frozen food dan groceries masih cukup besar dengan bertambahnya aktivitas di rumah. Kedua kategori produk ini masih jadi pilihan masyarakat untuk hidangan sehari-hari,” tambah Christian.