Logo BBC

Negara Muslim Siap Kirim Wahana Antariksa ke Mars pada Jumat Besok

Planet Mars.
Planet Mars.
Sumber :
  • National Geographic

Salah satu negara Muslim di Timur Tengah, Uni Emirat Arab (UEA) akan mengirim wahana antariksa bernama Hope ke Planet Mars untuk mempelajari cuaca dan iklim di permukaan planet merah tersebut pekan ini.

Wahana berbobot 1,3 ton itu akan diterbangkan ke ruang angkasa oleh roket Jepang, H-2A, dari pangkalan antariksa Tanegashima pada Jumat pagi, 17 Juli 2020, waktu setempat.

Hope akan menempuh perjalanan 500 juta kilometer dan dijadwalkan tiba di atmosfer Planet Mars pada Februari 2021, yang bertepatan dengan perayaan pembentukan negara Uni Emirat Arab (UEA) yang ke-50 tahun.

Wahana ini memang secara khusus didesain untuk mempelajari iklim dan cuaca di Mars, namun dari data yang didapat para ilmuwan berharap bisa mendapatkan jawaban atas misteri yang sejauh ini belum terpecahkan.

Para ilmuwan berpendapat permukaan Planet Mars pernah memiliki laut seperti yang kita kenal di Bumi. Namun dalam perjalanannya, permukaan planet kemudian menjadi hamparan yang tandus.

Hope adalah satu dari tiga misi ke Mars yang diluncurkan bulan ini. Amerika Serikat (AS) dan China akan mengirim wahana peneliti yang akan menjelajah permukaan planet tersebut. Persiapan misi sudah memasuki tahap akhir.