Jadwal Penampakan Komet Neowise di Indonesia, Langka Banget Lho!

Jadwal Penampakan Komet Neowise di Indonesia, Langka Banget Lho!

Rabu, 22 Juli 2020 | 11:42 WIB
Butuh 6.800 tahun lagi untuk menyaksikan Komet Neowise.
Komet Neowise
Photo :
  • Sci-News

Komet Neowise

VIVA – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN menyebutkan bahwa Komet Neowise (Near Earth Object Wide-Infrared Survey Explorer) atau C/2020 F3 bisa disaksikan dari langit Indonesia. Sedangkan waktu terbaik untuk mengamatinya adalah pada Kamis besok malam, 23 Juli 2020.

Untuk daerah lainnya bisa disesuaikan dengan waktu terbenamnya Matahari, karena memang Neowise bisa disaksikan setelah terbenamnya Matahari. Setelah 26 Juli, komet langka ini akan semakin sulit untuk dilihat.

Baca: Komet Neowise Bisa Disaksikan dari Langit Indonesia, Malam Ini Jakarta

Nah, supaya bisa menyaksikan Komet Neowise, pilihlah lokasi pengamatan arah Barat Laut yang bebas dari obstruksi, bebas dari polusi cahaya, jangan gunakan alat dengan medan pemandangan yang sempit.

Jika objek redup gunakan fitur go-to dan tracking atau guiding yang bagus, gunakan shutter speed yang panjang dan pilih waktu yang tepat.

"Meskipun akan terlihat secara kasat mata, komet akan semakin sulit dilihat di daerah yang memiliki polusi cahaya tinggi. Supaya lebih jelas dalam mengamati fenomena antariksa ini, akan lebih baik jika menggunakan alat bantu pengamatan seperti kamera digital dengan kepekaan cahaya yang tinggi, binokular, dan teleskop," demikian keterangan LAPAN dari akun Instagram resminya, @lapan_ri, dikutip VIVA Tekno, Rabu, 22 Juli 2020.

Komet Neowise dikatakan langka karena butuh 6.800 tahun untuk bisa kembali dekat dengan orbit Bumi. Benda langit itu berada pada jarak yang dekat pada 22 Juli 2020, jauhnya sekitar 103,5 juta kilometer dari Bumi.

Awalnya para peneliti tidak menaruh harapan pada komet ini untuk menjadi lebih terang. Tapi ternyata saat musim semi, pengamat di belahan Bumi selatan menemukan perubahan pada objek karena jauhnya jarak dengan Bumi dan Matahari. Berikut jadwal penampakan Komet Neowise di Indonesia:

Berita Terkait :
)
Saksikan Juga