Indonesia Kepincut SpaceX

Indonesia Kepincut SpaceX

Rabu, 22 Juli 2020 | 14:02 WIB
Satelit Satria akan menumpang roket milik SpaceX.
Satelit Merah Putih siap diluncurkan Roket Falcon-9 milik SpaceX.
Photo :
  • Twitter/@SpaceX

Satelit Merah Putih siap diluncurkan Roket Falcon-9 milik SpaceX.

VIVA – Pemerintah telah memastikan Satelit Republik Indonesia atau Satria akan menumpang roket milik SpaceX untuk mengorbit di luar angkasa. Rencananya, Satria akan meluncur pada 2023. SpaceX merupakan perusahaan teknologi yang didirikan Elon Musk pada 18 tahun silam.

SpaceX diketahui mengembangkan keluarga roket bernama Falcon yang digunakan sebagai wahana untuk meluncurkan berbagai satelit maupun pesawat ruang angkasa. Dirangkum VIVA Tekno, Rabu, 22 Juli 2020, berikut rekam jejak SpaceX dalam menjalankan misi luar angkasa yang membuat Indonesia kepincut:

60 Satelit Internet Broadband Starlink

Pada awal Juni 2020, dengan menumpang Roket Falcon-9, sebanyak 60 satelit Starlink meluncur ke luar angkasa. Pengembangan satelit ini juga dilakukan oleh SpaceX.

Penerbangan saat itu merupakan peluncuran ke delapan dengan total jumlah yang ada hampir 500 satelit di orbit. SpaceX berharap bisa membawa ratusan lagi akhir tahun ini.

Satelit Starlink bertugas untuk menyediakan bandwodth tinggi dan konektivitas internet yang bisa diandalkan. Terutama untuk daerah yang kurang terlayani saat jaringan terestrial tidak hadir atau tidak bisa menawarkan koneksi berkecepatan tinggi.

Berita Terkait :
)
Saksikan Juga