Logo ABC

Kekayaan Bos Amazon Jeff Bezos Setara PDB Negara Ini

Bos Amazon Jeff Bezos.
Bos Amazon Jeff Bezos.
Sumber :
  • oregonlive.com

Saat negara lain menimbun utang akibat pengeluaran di tengah pandemi Virus Corona COVID-19, bos Amazon, Jeff Bezos malah menghasilkan AUS$19 miliar, atau lebih Rp197 triliun dalam satu hari, hampir setara dengan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Selandia Baru.

Senin kemarin, 20 Juli 2020, ketika saham teknologi melonjak, kekayaan bersih Bezos diperkirakan naik AUS$19 miliar sehingga totalnya menjadi AUS$270 miliar.

Dengan nilai sebesar itu artinya pendapatan Bezos dalam sehari hanya berbeda tipis dengan jumlah PDB Selandia Baru (AUS$20 miliar) yang didapat dari domba yang dicukur, susu yang diperah, dan setiap barang dan jasa lainnya yang diproduksi di negara berpenduduk 4,8 juta orang ini dalam satu tahun.

Uang yang didapatkan Jeff Bezos dalam satu hari ini sama dengan pengeluaran Pemerintah Australia untuk sekolah setiap tahunya.

Amazon membayar pajak dua persen di Australia pada 2018, dengan pendapatan lebih dari AUS$1 miliar dan tagihan pajak sebesar AUS$20 juta. Tahun lalu, ABC melaporkan ratusan juta dolar mungkin telah mengalir ke luar negeri, yaitu ke Luksemburg. Sulit membayangkan berapa banyak AUS$270 miliar itu, tapi kira-kira sebanyak di foto di bawah ini.

A visual representation of one billion
A visual representation of 50,000, one million, and one billion. Bezos's fortune is 270bn.

Supplied