NASA Ngebet Kirim Manusia ke Mars

Ada logo SpaceX di seragam astronot NASA.
Sumber :
  • https://twitter.com/JimBridenstine

VIVA – Kru pertama SpaceX telah berhasil pulang ke Bumi, setelah sebelumnya meluncur ke Stasiun Luar Angkasa ISS. Atas keberhasilan ini, Badan Penerbangan dan Antariksa NASA semakin optimis tentang masa depan penerbangan manusia ke luar angkasa, termasuk pengiriman ke Bulan dan Mars.

Perprindo Protes Permenperin Baru soal Impor Elektronik Picu Ketidakpastian Hukum, Ini Penjelasannya

Dikutip dari situs Space, Senin, 3 Agustus 2020, kapsul SpaceX Crew Dragon yang membawa Bob Behnken dan Doug Hurley mendarat di Teluk Meksiko pada 2 Agustus kemarin. Mereka kembali ke Bumi, setelah melaksanakan misi Demo-2.

Penerbangannya sendiri terlaksana pada 30 Mei, merupakan misi pertama yang diterbangkan dari tanah Amerika Serikat setelah hampir 10 tahun. Terobosan yang dibuat perusahaan swasta SpaceX, menurut NASA, tidak lagi menjadikan mereka sebagai pembeli, pemilik dan operator perangkat keras luar angkasa.

Curhat Kementerian BUMN Punya Dana Melimpah Buat Genjot UMKM, Tapi Terbentur Aturan OJK 

"Hari ini adalah kemenangan besar, tapi ini baru permulaan. Kita memasuki era baru pengiriman manusia ke luar angkasa," ujar Administrator NASA, Jim Bridenstine.

NASA jadi pelanggan pertama SpaceX, menggunakan layanan milik perusahaan untuk menerbangkan astronot ke ISS. Pada 2014 lalu, kedua pihak menandatangani kontrak senilai US$2,6 miliar untuk enam misi.

Haru, Anggi Pratama Kenang Penerbangan Terakhirnya dengan Stevie Agnecya

Ada juga perusahaan Boeing, yang menjalin kemitraan dengan NASA dengan nilai kontrak US$4,2 miliar. Kru akan menggunakan kapsul CST-100 Starliner. Namun, kapsul ini dikabarkan belum siap membawa astronot.

Misi SpaceX selanjutnya akan terjadi pada September mendatang, dengan membawa empat kru. Namun, misi ini masih menunggu evaluasi dari misi Demo-2. Apabila tidak ditemukan masalah, maka penerbangan akan dilaksanakan sesuai dengan rencana awal.

NASA bukan satu-satunya pelanggan SpaceX. Perusahaan Axiom Space juga telah memesan perjalanan ke luar orbit Bumi, yang rencananya akan dilaksanakan pada tahun depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya