Cerita Astronot NASA Kembali ke Bumi, seperti Dipukul Tongkat Bisbol
Cerita Astronot NASA Kembali ke Bumi, seperti Dipukul Tongkat Bisbol
https://asset.viva.co.id/appasset-2018/mobile-2018/img/logo-bbc.jpg?v=8.7.21

Cerita Astronot NASA Kembali ke Bumi, seperti Dipukul Tongkat Bisbol

Jumat, 7 Agustus 2020 | 13:02 WIB
https://thumb.viva.co.id/media/frontend/thumbs3/2020/06/01/5ed4bf3429f17-para-astronot-roket-spacex-falcon-9-elon-musk_663_382.jpg
Photo :
  • Instagram

Astronot NASA Bob Behnken dan Doug Hurley.

 

NASA, Space-X

NASA/Bill Ingalls

Bob Behnken (kiri dan Doug Hurley (kanan), dua orang astronot NASA yang baru mendarat kembali di Bumi

Astronot NASA Bob Behnken dan Doug Hurley menggambarkan suara gaduh, hawa panas, dan goncangan yang mereka alami saat kembali dari luar angkasa dengan pesawat ruang angkasa Crew Dragon pada Minggu, 2 Agustus 2020.

Behnken menyaksikan awan yang mengalir cepat dari jendela dan merasakan goncangan yang terasa seperti "dipukul dari belakang kursi dengan tongkat bisbol". Namun, Hurley dan Behnken mengatakan bahwa wahana antariksa itu bekerja seperti yang diharapkan.

Wahana antariksa Crew Dragon mendarat mulus di Teluk Meksiko, mengakhiri misi kru komersial pertama ke stasiun ruang angkasa.

"Ketika kami turun dan melewati atmosfer, saya pribadi terkejut dengan betapa cepatnya semua peristiwa itu terjadi. Sepertinya hanya beberapa menit kemudian, setelah deorbit burn (tembakan dari mesin pesawat ruang angkasa untuk memungkinkannya memasuki kembali atmosfer Bumi) selesai, kami dapat melihat ke luar jendela dan melihat awan melintas," katanya pada siaran konferensi pers dari NASA Space Center di Houston, Amerika Serikat (AS).

"Begitu kami turun sedikit ke atmosfer, Dragon benar-benar menjadi hidup. Wahana itu mulai menembakkan pendorong (thrusters) dan membuat kami menuju ke arah yang tepat. Suasana mulai bising- Anda dapat mendengar suara gemuruh di luar pesawat. Ketika kendaraan mencoba mengendalikan situasi, Anda merasakan sedikit getaran dalam tubuh Anda,” tuturnya.

"Kami bisa merasakan gerakan-gerakan kecil rolls, pitches, dan yaws (gerakan pesawat seperti mengangguk, berputar, dan menggeleng) - semua gerakan kecil itu kami rasakan dalam pesawat."

Ketika pesawat ruang angkasa itu - yang dinamai Endeavour oleh krunya - melalui atmosfer, kebisingan meningkat dan mesin pendorong mulai menembak terus menerus.

Saksikan Juga

BUMI Raih Penghargaan Perusahaan Tambang Terbaik RI

TVONE NEWS - sekitar 1 tahun lalu