Logo BBC

Kota di Jepang Bisa Luput dari 'Kiamat'

Ilustrasi ledakan akibat bom atom.
Ilustrasi ledakan akibat bom atom.
Sumber :
  • bbc

Ledakan di Nagasaki
Getty Images
Kota Kokura luput dari pemboman pada 9 Agustus 1945, selang beberapa menit bom atom kemudian dijatuhkan di kota Nagasaki.

Kota di Jepang bisa luput dari 'kiamat'. Kiamat yang dimaksud adalah bom atom yang dijatuhkan dari pesawat milik Angkatan Udara Amerika Serikat (US Air Force) saat Perang Dunia II.

Sementara kota yang lolos dari kiamat bom atom AS adalah Kokura. Nama kota itu menjadi buah bibir di Jepang lantaran luput dari malapetaka. Bagaimana Kokura urung diluluhlantakkan?

Kini kota Kokura sudah tidak ada lagi, dulu Kokura merupakan salah satu kota yang pada 1963 bergabung menjadi menjadi satu dengan kota Kitakyushu, yang memiliki penduduk kurang dari satu juta.

Namun, nama Kokura mempunyai kenangan tersendiri bagi orang-orang Jepang, mengingat kehancuran yang melanda negeri itu hampir dua dasawarsa sebelumnya.

Kokura menjadi salah satu target kota yang akan dijatuhi bom atom di Jepang pada 1945, namun kota ini luput dari kehancuran yang mengerikan di hari-hari terakhir Perang Dunia II.