Rusia Bakal Balik Lagi ke Bulan Tahun Depan, Pakai Pesawat Canggih

Astronot Rusia
Sumber :
  • VIVAnews

VIVA – Penerbangan ke bulan bukanlah sesuatu yang mustahil. Kegiatan ini salah satunya akan dilakukan oleh Rusia, memakai pesawat luar angkasa Luna-25 tahun depan. Pesawat memiliki delapan instrumen yang dikembangkan Rusia, serta satu instrumen dari European Space Agency (ESA).

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

Dilansir dari situs Space, Minggu 9 Agustus 2020, bulan lalu instrumen dari Russian Academy of Sciences, yang merupakan bagian dari Roscosmos, telah dipasang di pesawat robotik Luna-25.

Instrumen Rusia akan meneliti komposisi, struktur dan sifat kutub bulan, serta debu dan plasma eksosfer di Kutub Selatan. Sampai kini, belum pernah ada negara berkunjung ke wilayah yang disebut-sebut bakal menjadi pangkalan bulan di masa depan.

Meski Negaranya Tengah Dilanda Aksi Terorisme, Rusia Tetap Kirim 29 Ton Bantuan ke Gaza

Luna-25 diharapkan meluncur pada Oktober 2021. Proyek ini dilaksanakan atas permintaan Russian Academy of Science, bagian dari program Federal Space Program of 2016-2025 dan dibiayai oleh Roscosmos.

Baca juga: Bos Facebook Ikut Khawatir karena TikTok Dilarang Presiden AS, Kenapa?

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

Pesawat robotik ini merupakan program pembuka dari misi Rusia ke bulan, yang mencakup orbit dan rencana untuk membawa sampel bulan ke Bumi.

ESA sendiri telah mengembangkan Package for Resource Observation and in-Situ Prospecting for Exploration, Commercial exploitation and Transportation (PROSPECT), instrumen pengeboran bulan dan analisis sampel yang akan dipasang pada misi Luna-27.

Seri pesawat ini terakhir kali lepas landas pada 1976 untuk seri Luna-24. Itu merupakan misi ketiga mereka untuk mengambil sampel permukaan bulan dan membawanya kembali ke Bumi. Dua yang pertama adalah Luna-16 pada 1970 dan Luna-20 di tahun 1972.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya