Menguak Misteri Mumi Menjerit di Mesir

Menguak Misteri Mumi Menjerit di Mesir

Senin, 10 Agustus 2020 | 15:30 WIB
Mengapa mumi berjenis kelamin wanita itu tewas dalam keadaan menganga?
Mumi menjerit asal Mesir.
Photo :
  • Arab News

Mumi menjerit asal Mesir.

VIVA – Mumi wanita di Mesir yang ditemukan dengan mulut terbuka seperti menjerit baru saja menjalani CT Scan. Mumi tersebut ditemukan di Deir el-Bahari, sebuah kompleks pemakaman dekat kota Luxor pada 1881. Dari hasil CT Scan, pada mumi ini ditemukan aterosklerosis atau endapan plak lemak di dalam pembuluh darah.

Dilansir dari laman Live Science, Senin, 10 Agustus 2020, ahli mesir berpendapat bahwa mumi wanita itu meninggal dunia karena serangan jantung dan tidak ditemukan selama beberapa jam yang menyebabkan tubuh menjadi kaku. Saat meninggal dunia, posisi rahangnya terbuka sehingga menyebabkan rigor mortis selamanya.

Namun peneliti dari luar Mesir meragukan cerita ini. Salah satu antropolog dari Universitas McMaster, Andrew Wade, menjelaskan mumifikasi adalah proses yang panjang sedangkan rigor mortis hanya berlangsung selama beberapa hari.

"Ini lebih kepada pembungkus di sekitar rahang tidak cukup erat untuk menutup mulutnya yang menganga. Sebab, posisinya cenderung jatuh ke posisi terbuka jika dibiarkan sendiri," kata dia.

Berita Terkait :
)
Saksikan Juga