Geger Awan Hitam seperti Gelombang Tsunami di Aceh, Begini Kata Ahli

Ilustrasi awan hitam.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

VIVA – Lini massa Twitter dikejutkan dengan fenomena awan hitam yang berbentuk gelombang tsunami di Aceh. Fenomena awan hitam berbentuk gelombang tsunami ini diketahui muncul sejak Senin pagi, 10 Agustus 2020 di kota Meulaboh, Aceh Barat.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Fenomena awan tsunami tersebut sempat diunggah oleh salah satu netizen @masawep beberapa jam yang lalu.

"Mohon doanya Kota Meulaboh baik2 saja. Pemandangan awan pagi ini di atas kota Meulaboh, Aceh Barat," tulisnya melalui akun Twitter. Unggahan itu telah dilihat lebih dari 65 ribu kali dan di-retweet lebih dari 1.800 kali.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Sontak, unggahan itu juga menuai banyak komentar dari netizen. Tidak sedikit dari netizen yang khawatir dengan penampakan awan hitam yang berbentuk seperti gelombang tsunami tersebut.

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

"Biasanya awan begini pertanda akan ada Badai....kita doakan semoga Allah swt jauhkan badai dari Nanggroe Aceh Darussalam," komentar netizen.

"Tawakkaltu ilaih...laa hawla walaa quwwata illabillahi astaghfirullah semoga dijauhkam dari bala... aamiin," komentar netizen lainnya.

"Kita berdo'a dan berprasangka yang baik baik saja...Dan tidak perlu bersedih, karena setiap yang sudah di tetapkan pasti akan terjadi...," komentar netizen lain.

Usut punya usut fenomena awan hitam yang berbentuk gelombang tsunami tersebut merupakan Roll cloud. Dilansir dari laman Dailymail, Roll cloud adalah salah satu jenis Awan Arcus yang membentuk gulungan.

Biasanya awan ini disebabkan oleh aliran udara ke bawah dari badai yang mendekat dan menyebabkan udara hangat lembab naik dan mendingin di bawah titik embunnya sehingga membentuk awan.

Menurut penjelasan seorang ahli meteorologi dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), Stephen Corfidi, awan hitam seperti gelombang tsunami atau Roll cloud ini dapat bertahan selama beberapa jam dan meluas hingga beberapa ratus mil.

Awan jenis ini juga pernah terlihat di Australia pada 2013. Di sana awan ini dapat terlihat pada September dan Oktober di timur laut Australia.

Awan hitam tersebut cenderung muncul selama inversi yang terdefinisi dengan baik dengan kelembaban yang cukup untuk membentuk awan. Awan Arcus kemungkinan besar terjadi pada pagi hari, sesuai dengan julukannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya