Penerbangan Ini Bikin Kamu Sejenak Lupa Berat Badan

Penerbangan nol gravitasi
Sumber :
  • Space.com

VIVA – Zero Gravity Corporation (Zero-G), perusahaan yang menawarkan pengalaman terbang tanpa bobot layaknya astronot, kembali membuka pendaftaran. Beberapa waktu lalu, mereka menghentikan operasi karena pandemi virus COVID-19.

Tsunami dan Gempa Bisa Terjadi Bersamaan di Bumi

Dilansir dari situs Space, Selasa 11 Agustus 2020, perusahaan menerima pelanggan yang mau membayar penerbangan tanpa gravitasi. Pesawat terbang ke atas dan ke bawah secara bergantian, untuk menciptakan lingkungan gaya berat mikro di kabin.

Beberapa penumpang menggunakan layanannya untuk merasakan sensasi terbang tanpa bobot, sementara ilmuwan ingin melakukan eksperimen gaya berat mikro. Seluruh penumpang pesawat mengapung untuk waktu yang singkat selama penerbangan.

Bisakah Melubangi Bumi hingga Tembus ke Sisi Lain? Ini Jawabannya

Selama pandemi, penerbangan dihentikan. Operasi akan dimulai lagi pada 16 Agustus dari Long Beach, California. CEO Zero-G, Matt Gohd mengatakan, selama waktu tersebut mereka menentukan cara yang paling aman untuk penerbangan.

"Biaya kecil yang kami terapkan ke konsumen, membuka jalan bagi masyarakat umum untuk menikmati perjalanan antarbintang tanpa meninggalkan atmosfer Bumi," ujarnya.

Ilmuwan Punya Jawaban Kenapa Tidak Ada Bulan yang Terbentuk dari Gas

Langkah kesehatan dan keselamatan yang mereka buat termasuk pada pemeriksaan denyut nadi dan suhu, peralatan perlindungan pribadi dan pengurangan grup penerbangan hingga 30 persen. Kemudian setiap tiga menit, udara di kabin akan ditukar dengan udara eksternal.

Ilustrasi teknologi nano.

Karakuri, Teknologi yang Menggunakan Gravitasi

Panasonic memiliki teknologi bernama Karakuri, sehingga memungkinkan mereka untuk tidak menggunakan penggerak listrik, tetapi menggunakan gravitasi.

img_title
VIVA.co.id
19 Februari 2024