Viral, Uang Pecahan Baru Rp75 Ribu Dijual di E-Commerce

Uang pecahan Rp75 ribu
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Bank Indonesia baru saja mengeluarkan uang pecahan baru Rp75 ribu. Namun sayangnya uang tersebut sudah diperjualbelikan di situs e-commerce Indonesia. Pantauan VIVA Tekno, Selasa, 18 Agustus 2020, dari akun Instagram Lambe Turah, terlihat tangkapan layar dari penjualan uang itu. Setidaknya ada tiga penjual yang mengunggahnya.

Dorong Ekosistem Ekonomi Keuangan Digital, BI Bali Gelar Baligivation Festival 2024

"Langsung dong tersedia di toko-toko ekomerssss. Mungkin ada yang minat," tulis akun lambe turah. Namun harga yang dijual tidak main-main yaitu jutaan rupiah. Dua penjual menjualnya dengan harga Rp1.350.000 dan Rp1.375.000.

Huawei Band 9: Layar Mirip Smartwatch, Harga Cuma Setengah Juta
Jembatani Kesenjangan Akses E-Commerce Daerah Non-Urban, Clubb Kyta Gandeng Mahasiswa

Namun salah satu penjual menjual uang baru itu mencapai Rp50 juta. Postingan tersebut sudah disukai lebih dari 23 ribu kali. Warganet juga langsung menyerbu kolom komentarnya.

Banyak yang mempertanyakan mahalnya harga jual uang tersebut. Warganet juga menyatakan lebih baik tidak punya uang baru jika dibanderol senilai itu.

Mereka juga ada yang menyatakan akan sabar menunggu uang keluar resmi dari Bank Indonesia. Diberitakan sebelumnya jika Bank Indonesia secara resmi meluncurkan pecahan uang baru Rp75 ribu berbarengan dengan HUT RI ke-75 pada 17 Agustus 2020 kemarin.

Uang itu didesain dengan  tema besar yaitu Mensyukuri Kemerdekaan, Memperteguh Kebhinekaan dan Menyongsong Masa Depan Gemilang.

Adapun wujud dari mensyukuri kemerdekaan tahun ini dalam desain uang tersebut adalah berbagai pencapaian pembangunan di Indonesia, khususnya di bidang infrastruktur, seperti gambar Tol Trans Jawa, Jembatan Youtefa Papua dan Moda Raya Terpadu atau MRT Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya