Logo BBC

Kacau, Suaka Margasatwa Dijadikan Lokasi Pengeboran Minyak

Beruang Kutub.
Beruang Kutub.
Sumber :
  • bbc

Beruang kutub
Getty Images
Beruang kutub paling berisiko mati karena tumpahan minyak.

Pemerintah Amerika Serikat (AS) meneruskan rencana pemberian izin untuk pengeboran di Suaka Margasatwa Nasional Arktik, dengan menjabarkan persyaratan program sewa guna yang akan memberi perusahaan minyak akses ke daerah tersebut.

Suaka margasatwa di timur laut Alaska berada di atas miliaran barel minyak. Tapi tempat itu juga merupakan habitat bagi banyak hewan, termasuk rusa kutub, beruang kutub, dan berbagai spesies burung.

Ide pengeboran di daerah tersebut tidak berasal dari PresidenĀ AS Donald Trump dan pemerintahannya. Sebaliknya, program penyewaan ini hanyalah langkah terbaru dalam kontroversi yang telah berlangsung sejak akhir 1970-an.

Satu pihak berpendapat bahwa mengebor minyak bisa menghasilkan banyak uang, sekaligus menyediakan pekerjaan bagi orang-orang di Alaska.

Namun, di pihak yang lain takut akan dampak pengeboran pada banyak hewan di sana, serta kerusakan yang bisa ditimbulkan oleh pembakaran lebih banyak bahan bakar fosil pada planet Bumi yang memanas dengan cepat.

Dorongan dari pemerintahan Trump ini muncul hanya dua bulan setelah lingkaran Arktik mencatat suhu tertingginya dalam sejarah.