Kolaborasi Google-Apple Bantu Lacak Orang Positif COVID-19

Apple - Google
Sumber :
  • http://apasajakah.blogspot.com

VIVA – Google dan Apple telah mengumumkan sebuah sistem baru mereka. Pada sistem tersebut, memungkinkan tenaga kesehatan untuk menggunakan smartphone dan melacak kontak tanpa harus membuka aplikasi terlebih dahulu. 

Toyota dan Daihatsu Reformasi Besar-besaran

Dikutip dari New York Post, sistem baru ini disebut dengan Exposure Notifications Express. Dalam cara kerjanya, aplikasi ini memungkinkan tenaga kesehatan masyarakat untuk mengirimkan file konfigurasi kecil ke Apple dan Google. 

Kedua perusahaan teknologi itu kemudian akan menggunakan file tersebut untuk mengatur sistem yang dapat dipilih oleh pemilik ponsel. 

Lindungi Diri Lewat Aplikasi

Nantinya, pengguna sistem tersebut dapat menentukan apakah mereka telah dekat dengan seseorang yang dinyatakan positif mengidap COVID-19.

Dalam kasus iPhone, versi baru dari sistem operasi iOS yang dirilis nantinya akan memberikan sebuah notifikasi kepada si pengguna.

PPLI Pastikan Rutin Lapor Pantauan Lingkungan ke DLH hingga KLHK

Sistem pemberitahuan paparan tersedia dari otoritas kesehatan setempat. Selain itu, sistem itu juga memungkinkan pengguna untuk mengaturnya tanpa mengunduh aplikasi baru. 

Di perangkat Android, pengguna juga akan mendapatkan perintah dari sistem operasi ponsel, tetapi tetap harus mengunduh aplikasi yang dibuat secara otomatis.

Kedua perusahaan tersebut mengatakan Maryland, Nevada, Virginia, dan Washington, DC, akan menjadi tempat AS pertama yang menggunakan sistem baru tersebut. 

Sistem baru ini juga bekerja bersama alat yang dirilis kedua perusahaan pada Mei.

Petugas kesehatan masyarakat dapat gunakan aplikasi yang memungkinkan iPhone dan perangkat Android menggunakan sinyal Bluetooth untuk mendeteksi kedekatan dengan orang yang dites positif.

Enam negara bagian AS dan sekitar dua lusin negara telah meluncurkan aplikasi pemberitahuan eksposur berdasarkan teknologi Apple-Google dalam beberapa minggu terakhir tanpa hambatan besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya