Malam Nanti Asteroid Jumbo Lewat, NASA Bilang Jaraknya Dekat

Benda luar angkasa / satelit / asteroid / komet.
Sumber :
  • Dailyhunt

VIVA – Lembaga antariksa Amerika Serikat, NASA menyatakan sebuah asteroid berukuran jumbo akan melintasi bumi pada hari ini, Senin 14 September 2020 pukul 16:50 BST atau 22:50 WIB. Kecepatan batuan luar angkasa itu akan mencapai 38 ribu kilometer per jam.

Palestina Kecam Veto AS yang Menghalangi Upaya Keanggotaan Penuh PBB

Asteroid 2020 QL2 ini diperkirakan memiliki ukuran diameter sangat besar, antara 53 hingga 120 meter. Saat melintasi Bumi nanti, benda langit itu akan berjarak 4,2 juta mil atau 6,7 juta kilometer, seperti dikutip dari laman The Sun.

Dalam satuan luar angkasa, jarak itu tidak terlalu jauh. Jadi, NASA masih menandainya sebagai jarak yang dekat. Menurut mereka, benda yang bergerak cepat datang dalam jarak sekitar 4,65 juta mil masih dianggap berpotensi membahayakan. Namun, kemungkinannya rendah untuk asteroid itu sampai menabrak Bumi.

Langit Dubai Tiba-tiba Berubah Jadi Hijau Usai Banjir Besar

NASA sebenarnya memiliki rencana, jika memang ada asteroid yang diperkirakan menghantam Bumi. Salah satunya menggunakan tenaga nuklir. Senjata itu akan dipasang di atas permukaan Bumi, untuk mengubah kecepatan asteroid tanpa membuatnya patah.

"Neutron berkecepatan tinggi dari ledakan akan menyinari bahan pada permukaan asteroid yang menghadap ke ledakan," ungkap NASA.

Ledakan Terdengar di Bandara hingga Pusat Nuklir Iran

Menurut lembaga itu, trik yang digunakan adalah mendorong arah asteroid. Tapi, tanpa meledakkan benda tersebut. Sebab beberapa bagian tetap akan menghantam Bumi.

"Pilihan terakhir ini, walaupun populer di film, namun akan membuat masalah lebih besar saat semua bagian (asteroid) menuju ke Bumi," kata NASA.

Presiden Iran Ebrahim Raisi dan PM Israel Benjamin Netanyahu

Situasi Makin Gawat, Israel Targetkan Serang Wilayah Nuklir Iran di Kota Isfahan

Serangan Israel terhadap Iran mengincar kota Isfahan yang jadi pusat kegiatan nuklir negara tersebut. Namun, media lokal Iran menegaskan bahwa fasilitas nuklir masih aman

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024