Alien Hidup di Planet Venus

Ilustrasi kehidupan alien.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Para ilmuwan menemukan sejumlah bukti kalau alien bisa hidup di luar Bumi. Mereka cukup kaget dengan penemuan adanya kehidupan makhluk asing di Planet Venus. Di planet tetangga Bumi itu ditemukan bahan kimia fosfin atau PH3 yang terbentuk dari fosfor dan menempel pada tiga atom hidrogen.

Ilmuwan Selangkah Lagi Menemukan Alien

Di Bumi, mikroba tertentu bisa berkembang di lingkungan bebas oksigen seperti pabrik limbah. Hasil temuan ini ditemukan dalam pengamatan Venus dari teleskop di Hawaii, Amerika Serikat (AS) dan Chile pada 2017 dan 2019.

Fosfin ditemukan sekitar 53 hingga 62 kilometer di atas permukaan Venus, seperti dikutip laman CNET, Selasa, 15 September 2020. Permukaan Venus sendiri dikenal sangat tidak ramah, memiliki suhu sangat panas, dan tekanan yang mampu menghancurkan.

Di Balik Hancurnya Hiroshima dan Nagasaki, Ini 5 Fakta 'Bapak Bom Atom' Robert Oppenheimer

Menurut ilmuwan senior di Planetary Science Institute, David Grinspoon, sangat menarik menemukan adanya gas fosfin di Planet Venus. Ia menuturkan temuan ini berpotensi menjadi yang terbaik. Menurutnya, sebelum ada penelitian ini, gas fosfin memanf sudah dipilih menjadi biosignature ideal dalam planet tersebut.

"(Gas fosfin) adalah molekul yang seharusnya tidak ada di sana oleh proses kimia pada atmosfer biasa dan harusnya hanya memiliki masa hidup pendek. Artinya, jika berada di sana ada sebuah sumber. Pertanyaan berikutnya jadi apa sumber itu? Tidak ada sumber nonbiologis yang jelas," ungkapnya.

Industri Penikmat Gas Murah Bakal Diperluas, Menteri ESDM Soroti Stok Gas Nasional

Walaupun diyakini gas itu bisa membawa kehidupan, namun masih ada masalah pada awan asam sulfat yang bermukim di Planet Venus. Diyakini tidak ada kehidupan yang dikenal dengan adanya obyek tersebut. "Ini merupakan kondisi yang tidak menyambut adanya kehidupan lain (alien) seperti yang diketahui," tutur Grinspoon.

[dok. SKK Migas]

SKK Migas: Komersialisasi Migas Harus Prioritaskan Kebutuhan Dalam Negeri

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) berkomitmen untuk terus meningkatkan komersialisasi minyak dan gas bumi (migas) di Tanah

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024