Jangan Sampai Kena, Ini Lima Kejahatan yang Mengintai Saat Online

Jangan Sampai Kena, Ini Lima Kejahatan yang Mengintai Saat Online

Minggu, 20 September 2020 | 16:27 WIB
Mengenal lima jenis kejahatan di dunia digital.
Ilustrasi Hacker
Photo :
  • U-Report

Ilustrasi Hacker

VIVA – Pandemi COVID-19 memaksa masyarakat banyak untuk beraktivitas di dunia digital. Bekerja maupun belajar, kini dilakukan dengan tatap muka secara virtual dengan memanfaatkan jaringan internet, melalui aplikasi tertentu.

Maraknya aktivitas warga di dunia digital, kerap dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggungjawab untuk melakukan penipuan di dunia maya, mulai dari phishing hingga Impersonation. Akibatnya, lebih banyak yang terjerat dan mengalami kerugian dari tindakan tersebut.

Baca juga: Ada PlayStation 5 Baru, Buruan Deh Jual PS Lama

Peniliti Center for Digital Society Universitas Gadjah Mada, Tony Seno Hartono mengatakan, seluruh kegiatan penipuan bukan sesuatu yang baru, karena sebenarnya sudah sering terjadi sebelum adanya pandemi. Seiring meningkatnya aktivitas online, frekuensi kejahatan internet pun mengalami kenaikan.

"Di era COVID ini, orang semakin khawatir. Ingin mendapatkan informasi vaksin dan sebagainya, membuat orang jadi lengah," katanya dalam diskusi online beberapa waktu lalu.

Berikut lima jenis penipuan online dengan teknik social engineering yang ditemukan di Indonesia berdasarkan kajian Center for Digital Society UGM. Berikut daftarnya:

Phishing

Phishing digunakan untuk mendapatkan informasi pribadi seperti password, pin, informasi kartu kredit, dan One Time Password sebuah akun. Pelaku mendapatkannya dengan cara memalsukan website pakai nama-nama perusahaan terkenal atau identitas yang dikenal korbannya pada sebuah akun media sosial ataupun platform chatting.

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Artikel Terpopuler