Logo DW

Ahli Virus: Tetap Pakai Masker Meski Sudah Divaksin COVID-19

Christian Drosten, seorang ahli virus Jerman
Christian Drosten, seorang ahli virus Jerman
Sumber :
  • dw

Christian Drosten, seorang ahli virus terkemuka Jerman, memberi peringatan bahwa musim dingin tidak akan mudah. Ia pun mendesak orang-orang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

DW: Berapa lama lagi kita harus hidup di masa pandemi?

Christian Drosten: Sangat sulit membuat prediksi secara keseluruhan. Di Eropa, kami berada dalam situasi yang sangat berbeda dan sulit. Menjalani kehidupan di musim dingin tidak akan mudah.

Meskipun kami memiliki vaksin yang akan dirilis tahun depan, namun tetap diperlukan waktu hingga akhir tahun depan untuk sebagian besar penduduk mendapatkan vaksin.

Kami tidak akan melepaskan masker dalam waktu dekat. Bahkan ketika kita mulai mendapat suntikan vaksin COVID-19, mayoritas warga masih harus memakai masker.

Sementara di belahan dunia lain, situasinya sangat sulit untuk dinilai. Di Afrika, terdapat tanda-tanda penularan yang lebih rendah.

Namun data yang kami lihat saat ini adalah wilayah perkotaan di Afrika. Kami tidak tahu apakah efek virus itu menyebar ke pedesaan? Wilayah mana di dunia yang paling Anda khawatirkan?