Ini Tren Iklan Terpopuler di YouTube Sepanjang 2014

YouTube
Sumber :
  • REUTERS/Eric Gaillard

VIVAcoid - Kekuatan platfrom video digital telah dipakai sebagai media yang potensial untuk mengkampanyekan brand tertentu.

Termasuk dalam platfrom Youtube. Berdasarkan keterangan tertulis Google Indonesia hari ini, sepanjang tahun 2014, iklan digital lokal di Youtube telah tumbuh.

Riset: Iklan Luar Ruangan Lebih Efektif dari Televisi

Menariknya dari sepuluh iklan terpopuler Youtube tahun lalu, iklan lokal mendominasi. Google mengatakan delapan dari sepuluh video terpopuler 2014 mengangkat tema otentik Indonesia.

Daftar 10 iklan terpilih ini menunjukkan merek-merek yang memiliki performa terbaik, dinilai berdasarkan kombinasi tingkat popularitas (organic views) dan promosi (paid views).

Humor dan Kisah Nyata

Google mencatat, tema humor dan kisah nyata terbukti mendorong gaung iklan pada penonton di dunia maya.  Tema itu menjadi salah satu tren.

Penggunaan testimoni dari ‘orang-orang riil’ terlihat menduduki posisi atas di tahun ini, seperti yang dilakukan brand Clean & Clear dalam video bertajuk “Me VS My Skin”. Konsep seperti ini juga sangat merefleksikan semangat YouTube, di mana pemirsa akan merasakan koneksi dengan orang-orang yang mereka identifikasikan dengan diri mereka sendiri di dunia maya.

“Yang kami lihat dari daftar tahun ini adalah masyarakat memberi perhatian penuh bagi video yang dibuat brand di dunia maya dan menggunakan media sosial untuk membagikan video-video ini dengan teman-teman dan keluarga mereka," tutur Rudy Ramawy, Country Director Google Indonesia.

Ini Penyebab Iklan di Televisi Turun

Lebih 30 Detik

Tren lain yang juga sangat jelas di tahun ini yaitu iklan yang khusus dibuat untuk dunia maya (“made-for-web” ads), yang mana brand berani melaju melebihi batas waktu 30 detik, dengan format yang didesain khusus untuk audien Youube.

Contohnya yakni popularitas video iklan brand LINE dengan mini sekuel 'Ada Apa Dengan Cinta'. Video yang menunjukkan eratnya nilai-nilai keluarga bagi masyarakat Indonesia juga masih terus populer, seperti yang terlihat dalam video kreasi brand Chevrolet “Gelombang Kenangan”.

Rudy mengatakan definisi iklan yang efektif dari brand akan terus berevolusi. Untuk itu, ia menyarankan para pelaku pemasaran Indonesia untuk meningkatkan standar dan bereksprimen pada hal-hal baru.

Baca juga:

4G LTE Bikin Iklan Digital Kalahkan Iklan TV

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya