Hapus Segera Tiga Aplikasi Android Ini

Android.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id - Penyedia layanan keamanan komputer, Avast memperingatkan adanya tiga aplikasi berbahaya yang bersembunyi pada Play Store.

Sebuah postingan blog di Avast menyebutkan, ternyata Play Store tak seaman yang diyakini pengguna Android selama ini.

Melansir Phone Arena, Kamis, 5 Februari 2015 menyebutkan pakar keamanan Avast mengingatkan tiga apikasi itu adalah game kartu Durak, Konka Russian History dan Iwold IQ Test.

Peneliti keamanan menyoroti aplikasi Durak, yang secara luas diunduh lebih dari lima juta kali.

Tiga aplikasi itu dilabeli 'tidak begitu membahayakan', seperti melancarkan virus. Aplikasi 'hanya' memaksa pengguna mengakses layanan yang telah bekerjasama dengan tiga aplikasi itu.

Petelur.ID, Aplikasi untuk Peternak Kelas Bawah

Memang awalnya aplikasi tersebut tidak langsung otomatis menyebarkan malware. Aplikasi mengelabui pengguna dengan membiarkannya, sampai benar-benar pengguna mempercayai aplikasi tersebut aman.

Setelah itu, Durak yang mengandung software iklan, akan melancarkan aksinya dengan memberitahu ponsel pengguna telah terinfeksi virus. Padahal itu hanyalah tipuan saja. 

Kemudian aplikasi itu akan mengarahkan penggunanya untuk ke sejumlah penyedia layanan keamanan pihak ketiga, atau layanan sejenisnya.

Aplikasi juga akan mengirimkan tautan ke aplikasi anti virus yang ada di Play Store. Dengan pola seperti itu, kuat diduga aplikasi ini bermodus kerja sama iklan dengan pengembang layanan anti virus.

Peneliti Avast menyarankan, jika pengguna telah mengunduh tiga aplikasi tersebut, agar segera menghapusnya.

Baca juga:

Bukti Menggiurkannya Bisnis Aplikasi Mobile di Indonesia

Samsung Bikin Fitur Keren Buat Biker, Namanya S Bike

CEO Apple, Tim Cook

Apple Serahkan US$50 Miliar ke Pengembang Aplikasi

Apple juga baru saja mencapai penjualan satu miliar iPhone.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016