Perlindungan Pelanggan Tanggung Jawab Pengelola e-Commerce

CEO Tokopedia, William Tanuwijaya
Sumber :
  • Viva.co.id/Mitra Angelia
VIVA.co.id
Empat Alasan Bisnis E-Commerce RI Terbesar di Asia
- CEO Tokopedia, Wiiliam Tanuwijaya, menanggapi
roadmap
E-Commerce 'Bonek' Berambisi Taklukkan Ibu Kota
atau Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) soal E-commerce. Peta jalan itu dibuat, salah satunya, terkait keinginan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, untuk menjaga agar konsumen aman saat berbelanja online.
Pemain e-Commerce Taruh Harapan ke Kabinet Baru Jokowi
 
Menurut William, keamanan pelanggan memang hal yang diperlukan namun bukan tanggung jawab pemerintah. Itu dianggap telah menjadi tanggung jawab para pelaku industri sekaligus sebagai upaya untuk berkompetisi memberikan pelayanan maksimal dan terpercaya bagi konsumen mereka masing-masing.

 

“ Di Indonesia ada 1.000 marketplace. Seribu itu akan berlomba memenangkan hati pelanggannya. Misal kasus Harbolnas palsu, pasti akan menciderai kepercayaan konsumen sendiri kan? Kalau semua bersaing, yang diciptakan itu adalah suasana kondusif untuk bersaing,” ucap William di kantornya di Gedung Wisma 77, Slipi, Jakarta Barat, Rabu, 16 Desember 2015.

 

Maka dari itu, William pun berharap pada pemerintah agar mempertimbangkan untuk membuat roadmap yang mendukung pelaku industri untuk berkembang, membiarkan mereka berupaya menjaga kepercayaan dan keamanan bagi pelanggannya.

 

"Harapan saya, bagaimana pemerintah mengertilah bahwa ini jaman berbeda, industri berbeda. Yang harus didengarkan itu sebenarnya bukan perlindungan pelanggan tapi bagaimana industri bisa tumbuh, bagaimana tercipta 1.000 tokopedia lainnya berkompetisi satu sama lain memberikan yang terbaik untuk konsumen,” jelas William.

 

“Caranya dengan mendorong enterpreuner lokal. Memudahkan orang-orang memulai bisnis di Indonesia. Misal memudahkan mereka mendapatkan investasi, baik domestik maupun internasional," tambah William. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya