Ini Rahasia Mengapa Meme Cepat Populer

meme lucu penghadangan moge
Sumber :
  • Facebook/Faizal Afnan

VIVA.co.id - Meme atau gambar yang bercerita senantiasa menghiasi dunia maya, baik itu media sosial atau pun layanan pesan instan. Bahkan, kehadirannya selalu terbarukan seiring dengan kejadian sehari-hari di sekitar kita.

Mengenai meme yang mudah sekali menjadi viral atau jadi virus di internet, para peneliti berhasil mengungkapkan penelitian terhadap gambar-gambar tersebut. Peneliti yang bernama Keith Shubeck dan Stephanie Huette dari Universitas Memphis, Amerika Serikat, mengungkapkan rahasia viral di balik meme.

"Pemahaman kita tentang meme berjalan paralel dengan pemahaman kita tentang budaya manusia itu sendiri," ujar mereka dalam studinyaā€ˇ seperti yang diberitakan Daily Mail, Selasa 22 Desember 2015.

Hasil studi yang mereka temukan, menunjukkan meme akan menjadi viral di internet, apabila gambar tersebut memuat kata-kata umpatan, atau sindiran mengenai isu-isu di lingkungan. Artinya, meme tersebut akan menjadi terkenal dan mudah dibagikan, apabila semua orang turut mengalaminya.

"Semakin kita mengerti tentang meme dan asal mereka, maka akan terasa cepat diterima oleh individu lainnya. Semakin kita memahami tren budaya yang sebelumnya dianggap anomali," ucapnya.

Diungkapkan, untuk menjadi viral, maka meme tersebut harus punya kalimat pendek. Sebab, tingkat keberhasilannya rata-rata mencapai 2,8 kali lebih sukses. Soal ungkapan ejekan juga membuat meme mudah populer dengan rata-rata 1,77 kali tingkat keberhasilannya.

"Kami sedikit terkejut. Tetapi, kemudian kami menemukan bahwa orang-orang berkomunikasi dengan teman dan keluarga mungkin tidak menggunakan kata-kata tabu lagi," katanya.

Selain itu, model yang menjadi meme ini juga turut menyumbang sukses atau tidaknya. Meski studi ini terbilang baru, tetapi mereka menemukan meme yang sukses karena obyek digunakan sesuai dengan kalimat yang digunakan pada meme itu.

Penelitian yang dilakukan Shubeck dan Huette ini usai melihat dan memilih 268 meme dari knowyourmeme.com, kemudian menganalisa secara linguistik gambar-gambar yang mudah sekali terkenal di internet.

Teknologi Baru yang Bikin Telemarketer Tak Cerewet Lagi

Setelah itu, mereka melakukan korelasi dengan 37.400 meme yang terdapat dalam hasil pencarian Google, untuk membuktikan kesuksesan gambar tersebut. (asp)

Peneliti menunjukkan baterai berbasis vitamin

Unik, Baterai Berenergi Vitamin

Peneliti menciptakan materi vitamin B2 dari jamur.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016