Terancam Punah, Murai Hijau Jawa Diungsikan ke Inggris

Burung Murai Hijau Jawa
Sumber :
  • Mirror
VIVA.co.id
10 Suara Hewan Terseram di Dunia, Nomoor 1 Bikin Tercengang
- Burung Murai Hijau Jawa, kini memegang status terancam punah. Spesies dengan suara nanyian merdu itu diungsikan ke Kebun Binatang Chester, Inggris, untuk upaya menyelamatkannya dari kelangkaan.

4 Cara Berburu yang Unik dari Berbagai Suku di Dunia
Dilansir Mirror, Rabu, 30 Desember 2015, sebanyak enam pasang burung Murai Hijau Jawa telah dibawa ke Inggris. Sementara itu, data dari International Union for the Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN) menyebut, sisa burung Murai Hijau Jawa di alam liar tak kurang dari 100 ekor.

Hewan yang Haram untuk Dimakan oleh 6 Agama di Indonesia
“Dengan membawa 12 burung ke Inggris, program pemuliaan konservasi spesies ini baru akan kami mulai dan memastikan populasi ini dilindungi untuk masa depan,” ujar Kurator Kebun Binatang Chester, Andrew Owen.

Andrew menyatakan, penyebab punahnya burung Murai Hijau karena tangan manusia yang memburu mereka dan kemudian diperjualbelikan untuk hewan peliharaan. 

Bahkan, mirisnya ahli Ornitologi mengungkapkan, burung tersebut kini ditemukan satu ekor dalam sepuluh tahun terakhir di habitat liar.

Kebun Binatang Chester selama lima tahun lebih telah bekerja sama dengan Indonesia, dengan membiayai dan meminjamkan ahli konservasi untuk perkembangbiakan burung di Tanah Air.

“Kami telah bekerja dengan Conservation Cikananga Breeding Centre di Jawa, selama lima tahun dan misi kami adalah untuk melacak burung dengan bulu hijau yang indah, yang telah masuk pasar dan mewawancarai pedagang,” ujar Andrew.

"Seiring waktu, kami telah berhasil menyelamatkan beberapa burung dan mendirikan pusat penangkaran. Kami bersama-sama telah mengembangbiakkan burung-burung di negara asal mereka,” tambahnya. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya