Akhirnya Chrome Kalahkan Internet Explorer

Ilustrasi web browser.
Sumber :

VIVA.co.id – Google akhirnya memenangkan pertempuran di ranah browser. Browser Internet Explorer (IE) milik Microsoft kini tak lagi duduk di posisi pertama untuk kategori trafik browser desktop.

Pilih Chrome atau Firefox Quantum?

Menurut laporan NetMarketShare, Google Chrome memiliki pangsa pasar sekitar 41,6 persen dari seluruh trafik yang ada di browser. Sementara itu, Microsoft IE harus puas di posisi dua dengan pangsa pasar 41,3 persen.

Chrome besutan Google itu diketahui menorehkan prestasi yang gemilang, karena sebelumnya pangsa pasar browser itu hanya 2,6 persen. Sementara itu, IE turun drastis dari 43,4 persen menjadi hanya 41,3 persen.

Macet Membawa Berkah

"Dalam kurun dua bulan, Chrome langsung mengejar ketertinggalannya. Sekarang keduanya hanya terpaut 0,3 persen," tulis laporan NetMarketShare dilansir dari Mail Online, Selasa, 3 Mei 2016.

Selain dua browser raksasa itu, terdapat empat lainnya yang terdeteksi oleh NetMarketShare di dunia maya. Di antaranya Safari, Opera, Firefox, dan Konqueror.

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Laporan NetMarketShare menunjukkan jika Firefox berada di urutan ketiga sebagai browser yang paling banyak digunakan. Pangsa pasar trafiknya mencapai 9,7 persen. Selanjutnya, Safari mencapai 4,91 persen dan browser Konqueror mencapai 0,01 persen.

IE memang telah mendominasi browser desktop sejak lama. Pada 1996, pangsa pasarnya hampir 100 persen, tepatnya sekitar 96 persen. IE disebut sebagai browser paling populer, apalagi di era 1998 dan 1999.

Sejak Juni 2015, Microsoft masih menguasai setengah dari pasar browser desktop. Namun, angka itu tidak pernah meningkat lagi karena Chrome mulai muncul sebagai pesaing. Hingga akhirnya sekarang turun dikalahkan Chrome.

Meski hanya terpaut 0,3 persen, Microsoft harus mawas diri karena perusahaan survei dan riset tidak hanya NetMarketShare.

Sebuah perusahaan riset lain, yang menyediakan perangkat analisis trafik web, StatCounter, malah menemukan jika Chrome saat ini sudah menguasai 60,1 persen pangsa pasar browser desktop.

Bahkan, Digital Analytics Program (DAP) milik pemerintah Amerika mengonfirmasi jika Chrome sudah menjadi browser populer dengan menarik 43,3 persen pengguna internet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya