Harbolnas 2016 Digandrungi Kaum Pria

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).
Sumber :
  • VIVA.co.di/Al Amin

VIVA.co.id – Hari Belanja Online Nasional yang berlangsung 12-14 Desember 2016 ternyata banyak digandrungi oleh kaum pria. Tercatat 61 persen konsumen yang berbelanja adalah pria dan selebihnya 39 persen adalah wanita. 

UMKM Lokal Ungkap Peningkatan Penjualan di Harbolnas 12.12

Temuan ini menurut riset yang dilakukan oleh PT The Nielsen Indonesia, dengan mengambil data 500 responden dari 20 kota di Indonesia, rentang usia dari 15 tahun ke atas. 

"89 persen internet user mengetahui Harbolnas, meningkat 13 persen dari sebelumnya," ujar Direktur The Nielsen Indonesia, Rusdy Sumantri saat konferensi pers hasil Harbolnas, di D.Lab, Jakarta, Senin 19 Desember 2016.

Sambut Harbolnas, Zulhas Jadi Host Shopee Live Bersama Seller UMKM Ekspor

Rusdy mengatakan, mereka menemukan penetrasi internet untuk belanja online meningkat dari tahun sebelumnya. Data menunjukkan, 61 persen pengguna internet di Tanah Air berbelanja di Harbolnas, angka itu meningkat 11 persen dari penyelenggaraan tahun sebelumnya. 

Selain temuan kaum pria lebih banyak belanja di Harbolnas, Rusdy mengungkapkan, pada Harbolnas tahun ini kelas sosial ekonomi pun meningkat. Menurut riset Nielsen, kelas C, D, dan E naik sekitar 60 persen. 

Sambut Harbolnas, TikTok Shop Resmi Gabung Tokopedia dan Beroperasi Lagi

Terkait transaksi, Rusdy mengatakan, mereka menemukan transaksi 211 e-commerce yang ikut Harbolnas sekitar Rp3,3 triliun. 

"Analisis kami, penjualan sudah mencapai 3,9 kali rata-rata penjualan harian," ujar dia. 

Rusdy menuturkan, hal yang mendorong konsumen untuk berbelanja pada Harbolas yaitu diskon sebesar 90 persen, gratis biaya ongkos kirim 41 persen, dan alasan lain karena voucher serta cashback. 

"Kategori, fesyen, gadget, dan elektronik paling banyak diminati," kata Rusdy

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya