Di Masa Depan, Satu Smartphone Bisa Punya Lima Simcard

Sim Card.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Saat ini, satu perangkat yang memiliki dua sim card (kartu sim), sepertinya sudah biasa. Ke depan, sebuah platform memungkinkan pengguna smartphone memiliki lima kartu sekaligus di dalamnya.

Advan Belum Pede Kembali ke Peringkat 5 Ponsel Terlaris di Indonesia

Perusahaan berbasis di Amerika, Cloud SIM membuat layanan dengan nama serupa. Layanan berbasis aplikasi itu memungkinkan pengguna untuk memiliki lebih dari lima nomor kartu SIM sekaligus tanpa harus memikirkan jumlah slot yang tersedia di dalam smartphone.

Aplikasi Cloud SIM ini memudahkan pengguna untuk mengatur jumlah nomor yang dimiliki, baik untuk kepentingan bisnis maupun personal. Tak hanya melakukan panggilan suara dan mengirimkan teks, pengguna juga bisa memanfaatkan voice mail untuk tiap nomor yang dimiliki.

Regulasi IMEI Disiapkan, Pengguna Ponsel Bakal Rugi?

Di dunia yang super sibuk ini, banyak pengguna yang memiliki lebih dari satu nomor seluler, baik untuk kepentingan bisnis maupun pribadi. Mereka juga ingin biaya komunikasi semurah mungkin.

"Cloud SIM bisa melakukan keduanya, memiliki lebih dari lima kartu SIM tanpa harus membeli ponsel tambahan lagi. Lima nomor disematkan ke dalam satu perangkat," ujar Direktur Cloud SIM, Saran Sathiyadurai, seperti dikutip dari Mobile Check UK, Selasa, 20 Desember 2016.

Menkominfo: Regulasi dan Konsolidasi Operator Ibarat Telur dan Ayam

Guna mempermudah penetrasi Cloud SIM, Sathiyadurai membuat Cloud SIM bisa didownload di perangkat berbasis Android maupun iOS. Kedua sistem operasi itu telah berkontribusi besar terhadap pangsa pasar smartphone di Indonesia. Android dan iOS menguasai 95 persen pangsa pasar mobile OS.

Layanan Cloud SIM ini diperkirakan akan booming ke depannya. Pasalnya, iPhone juga berniat menghilangkan slot kartu sim card dan lebih ingin memanfaatkan e-SIM. Samsung pun dikabarkan sedang mengembangkan teknologi yang sama.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya