5 Isu Terpopuler Sepanjang 2016 Versi Digitroops

Digitroops Indonesia rilis topik populer sepanjang 2016
Sumber :
  • VIVA.co.id/Raudhatul Zannah

VIVA.co.id – Perusahaan jasa konsultan komunikasi strategis Digitroops Indonesia mengungkapkan lima isu paling populer selama 2016. Hasil riset itu dilakukan selama 2016, mulai Januari awal hingga 15 Desember 2016.

Gol Perdana 'Bang Jay' di Timnas Indonesia, Netizen Beri Pujian

Chief Executive Officer Digitroops Indonesia, Fahd Pahdepie, mengatakan, tujuan riset guna mengetahui, mengukur seberapa besar pengaruh percakapan topik-topik yang menjadi pusat perbincangan netizen Indonesia.

“Kerap kali percakapan di media sosial bisa mendorong, memengaruhi, dan mengubah kebijakan publik tertentu. Media sosial atau internet sekarang juga sudah menjadi battle ground of politic," kata Fahd saat konferensi pers di Warung Daun, Jakarta Pusat, Kamis 22 Desember 2016.

Jay Idzes Jadi Sorotan Usai Indonesia Bekuk Vietnam, Bek Liga Italia Memang Beda!

Dengan demikian, dalam skala yang lebih besar dan kompleks, internet dan media sosial saat ini memiliki pengaruh yang sangat nyata dalam proses demokrasi.

Ia menyebutkan, riset tersebut dilakukan dengan mengompilasi isu-isu penting sepanjang 2016. Proses pengumpulan menggunakan tiga metodologi, yaitu mengindeks isu-isu penting yang menjadi percakapan publik berdasarkan empat format saluran penyebar informasi.

Facebook dan Instagram Down! Pengguna Ngeluh di X dan Jadi Trending Topic

"Empat formatnya itu dari Google, lima media online terbesar menurut ranking Alexa, Twitter, Facebook, dan acara televisi yang merujuk pada hasil survei Komisi Penyiaran Indonesia (KPI)," kata Fahd.

Metodologi lainnya yaitu menggunakan data dari Focus Group Discussion (FGD) dan pendalaman isu dengan melihat tingkat pengaruh isu terhadap pengambilan keputusan dalam kebijakan publik.

Berikut lima isu terpopuler sepanjang 2016 versi Digitroops Indonesia:

1. Kasus Ahok dan Aksi Bela Islam I,II,III

Isu ini terpopuler lantaran variannya mencapai total 279,85 juta dalam mesin pencari Google, 5.730 berita pada lima media online, menjadi trending topic di Twitter dengan 25 hashtag dan kata kunci, serta menjadi pusat perdebatan dalam tiga bulan terakhir di Facebook. Isu ini terpilih jadi populer karena dua kali menjadi tema khusus pada acara Mata Najwa, dan satu kali di Indonesia Lawyers Club (ILC).

2. Panama Papers dan Harta yang Disembunyikan

Isu ini variannya mencapai total 72,23 juta dalam mesin pencari Google, 595 berita pada lima media online, menjadi trending topic di Twitter dengan empat hashtag dan kata kunci, serta menjadi pusat perdebatan dalam satu bulan di Facebook.

3. Tax Amnesty dan Tradisi Pengemplang Pajak

Isu ini variannya mencapai total 15,2 juta dalam mesin pencari Google, 2.730 berita pada lima media online, menjadi trending topic di Twitter dengan enam hashtag dan kata kunci, menjadi pusat perdebatan dalam satu bulan bulan di Facebook, dan satu kali menjadi tema khusus di Indonesia Lawyers Club (ILC) dengan tema ‘Tax Amnesty yang Untung dan yang Resah’ pada 30 Agustus 2016.

4. Rindu Prestasi Timnas Indonesia

Isu ini variannya mencapai total 35,61 juta dalam mesin pencari Google, 3.221 berita di lima media online, menjadi trending topic di Twitter dengan 21 hashtag dan kata kunci, serta selama satu bulan didominasi oleh posting dan meme mengenai Timnas Indonesia.

5. Jessica dan Kopi Sianida

Isu ini variannya mencapai total 6,73 juta dalam mesin pencari Google, 8.098 berita pada lima media online, menjadi trending topic di Twitter dengan empat hashtag dan kata kunci, menjadi pusat perdebatan dalam dua bulan di Facebook, dan dua kali tayang di Indonesia Lawyers Club (ILC).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya