Netizen Ejek Altaba, Nama Baru Yahoo

Ilustrasi nama Yahoo bakal berubah jadi Altaba
Sumber :
  • www.thehackernews.com

VIVA.co.id – Nama baru yang bakal menggantikan Yahoo, Altaba menjadi perhatian pengguna internet. Malah rata-rata netizen mengejek nama Altaba tersebut dengan postingan gambar maupun statusnya. 

Sayonara Yahoo Messenger

Nama Altaba muncul dalam dokumen pembelian Yahoo oleh Verizon. Dalam dokumen yang diajukan pada awal pekan ini, tercantum klausul jika Verizon merampungkan pembelian Yahoo senilai US$4,8 miliar, maka akan ada perubahan dalam tubuh Yahoo. Pertama, nama perusahaan internet itu akan berubah menjadi Altaba dan Chief Executive Officer Yahoo, Marissa Mayer dan beberapa direktur perusahaan lainnya akan keluar dari Altaba. 

Dikutip dari laman Campaignlive, Kamis 12 Januari 2017, netizen menanggapi nama baru itu dengan berbagai ejekan. Pengguna internet menganggap nam Altaba asing dan cukup ‘menganggu’ serta janggal. 

Surat Perpisahan Bos Cantik Yahoo Tinggalkan Perusahaan

Pengguna Twitter dengan akun @flyosity menuliskan, pemilihan nama Altaba dianggap tak cermat, kenapa Yahoo tak melakukan berbagai riset arti dari nama tersebut. Sebab usut punya usut, nama Altaba dalam bahasa Urdu yaitu Al Tabah yang memiliki makna buruk,yakni perusak. 

Pengguna Twitter lainnya, @PhilipMichaels menganggap nama Altaba lebih buruk dari Tronc. Nama Tronc merupakan perubahan dari Tribune Publishing yang ingin menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Nama Tronc dianggap nama baru yang buruk. 

Akuisisi Rampung, Nama Yahoo Tak Dimatikan

Nama Altaba juga disamakan mirip sebagai karakter sihir novel ciptaan J. K. Rowling. Pengguna Twitter @JonyIveParody menyamakan Altaba dengan tokoh sihir Albus Dumbledore dan memplesetkan menjadi Altaba Dumbledore. 

Kemudian ada pengguna Twitter yang memplesetkan ungkapan terkenal dari film Terminator 2, Hasta la vista baby menjadi Altaba la vista baby. Makna Hasta la vista baby berarti selamat tinggal sayang. 

Nama Altaba juga dianggap terkait dengan Alibaba, perusahaan e-commerce terkenal asal Tiongkok. 

Sebelumnya laman Washington Post mengutip sumber dekat Yahoo menuliskan nama Altaba merupakan kombinasi dari dua kata yaitu ‘alternatif dan Alibaba’. (hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya