Sensasi Siswa SMP 'Jelajah Antariksa' dengan Perangkat VR

Siswa SMP mencpba senasi menjelajah luar angkasa dengan perangkat Virtual Reality.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia

VIVA.co.id – Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Ar Raudhah, Bekasi, Jawa Barat, sangat terkesan usai mencoba pengalaman sensasi menjelajah luar angkasa menggunakan perangkat Virtual Reality atau VR. Rasa-rasanya seperti dekat sekali dengan planet-planet dan matahari, demikian kesan mereka.

Mengejar Metaverse

Mereka rupanya diundang oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk untuk menjajal perangkat VR, yang mulai populer digunakan di banyak negara sebagai alat peraga pendidikan dan juga untuk bermain game komputer. 

Kegiatan ini dalam rangkaian persiapan sebelum peluncuran Satelit Telkom 3S yang rencananya akan diluncurkan pada 15 Februari waktu Indonesia atau 14 Februari waktu Kouru, French Guianea, Prancis.

Saudi Bikin VR Haji di Metaverse, Diyanet Turki: Bukan Ibadah Nyata

Salah satu siswa SMP Islam Ar Raudhah, Anugerah Rojer Destian mengatakan sensasi pengalaman VR melihat luar angkasa yang pertama baginya. 

Anugerah mengatakan, saat mencobakan VR, terasa seperti dibawa terbang menjelajah. Pada ketinggian 20 ribu kilometer, kata dia, terlihat lapisan ozon. Lalu, pada ketinggian 27 ribu kilometer, barulah benda-benda luar angkasa terlihat. 

Unpad Kembangkan Laboratorium Virtual Keperawatan Pertama di RI

"Ada Matahari memancar terang, indah banget deh," kata siswa kelas 7 itu kepada VIVA.co.id, di Stasiun Pengendali Utama Satelit PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Kelapa Nunggal, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat, Senin 30 Januari 2017.

Selain demo VR luar angkasa, para siswa juga merasakan pengalaman di planetarium mini sementara yang dibuat oleh Telkom untuk menyambut para siswa. Di dalam planetarium ini, VIVA,co.id mencoba sensasinya.

Dalam ruang setengah lingkaran, untuk menikmati tampilan video, penonton harus tidur berbaring agar bisa menikmati tayangan. Dalam video diceritakan penampang melintang di Bulan, dan bagaimana bintang terbentuk dan memancar di langit di malam hari. 
 

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya