Aplikasi Mobile BPJS Bisa Deteksi Penyakit

Fitur mobile screening tersedia pada aplikasi BPJS Kesehatan Mobile yang diunduh dari Google Playstore untuk pengguna ponsel berbasis android.
Sumber :
  • Antara Foto

VIVA.co.id – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengembangkan fitur baru pada aplikasi versi mobile di Play Store. Pada aplikasi bernama 'BPJS Kesehatan Mobile' itu, kini ada penambahan fitur screening riwayat kesehatan.

Di Universitas Harvard, Dirut BPJS Kesehatan Ungkap Jurus Capai UHC dalam 10 Tahun

Kepala Unit Manajemen Pelayanan Kesehatan Primer BPJS Kesehatan Kabupaten Bulukumba, Yunita Andriani, menjelaskan, dengan aplikasi ini peserta JKN-KIS dapat lebih sadar untuk memeriksakan kesehatannya. Manfaatnya, peserta mampu mengetahui risiko kesehatan secara mobile melalui perangkat androidnya.

"Semakin dini peserta mengetahui risiko kesehatannya maka semakin cepat upaya penanganan risiko itu," kata Yunita dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 1 Januari 2017.

Berbagi Kebaikan Ramadhan, JEC Hadirkan Layanan BPJS Kesehatan dan Operasi Katarak-Juling Gratis

Program ini, kata Yunita, diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengelola risiko penyakit-penyakit kronis yang dialaminya sejak dini. Caranya, pengguna akan diminta mengisi data dan menjawab 47 pertanyaan yang merupakan kebiasaan-kebiasaan dan aktivitas sehari-hari dalam aplikasi tersebut.

"Agar hasil mobile screening ini bisa akurat, peserta BPJS harus menjawab pertanyaan yang tersedia dalam form aplikasi mobile tersebut dengan benar," ujarnya.

Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan Ajak Pemudik Mampir ke Posko Mudik BPJS Kesehatan

Setelah mengikuti langkah-langkah tersebut, gejala penyakit seperti Diabetes melitus, Hipertensi, Ginjal Kronik dan Jantung Koroner bisa terdeteksi lebih dini. "Nanti bisa ditindaklanjuti oleh mitra BPJS Kesehatan baik di Puskesmas maupun dokter-dokter pribadi yang telah ditunjuk," paparnya.

Peluncuran dan sosialisasi penambahan fitur ini, kata Yunita, diselenggarakan serentak di seluruh daerah di Indonesia, Rabu, 1 Februari 2017.

Pengembangan aplikasi BPJS Kesehatan Mobile merupakan wujud nyata dari komitmen BPJS Kesehatan dalam memberikan kemudahan akses dan pelayanan yang optimal bagi peserta. Melalui aplikasi ini, peserta dapat mengakses beragam informasi terkait program Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan secara cepat dan mudah di mana saja.

Beragam fltur yang dapat dipergunakan oleh peserta antara Iain, Info BPJS, menampilkan informasi seputar BPJS Kesehatan, serta mencari dan menampilkan peta Iokasi fasilitas kesehatan berdasarkan cabang dan Iokasi terdekat. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya