Mengenal Browser Terbaru Opera, Neon

Tampilan Opera Neon
Sumber :
  • VIVA.co.id/Siti Sarifah Alia

VIVA.co.id – Di Indonesia, browser saat ini dikuasai tiga brand, mulai dari Internet Explorer, Mozilla Firefox dan Chrome Google. Semua berdesain hampir sama, sehingga Opera merasa perlu untuk membuat inovasi baru, browser konsep bernama Neon.

Dibeli China, Opera Serius Garap Pasar Browser

Browser buatan Norwegia, yang baru saja dibeli oleh konsorsium China itu mencoba bereksperimen dengan browser bernama Neon. Ini merupakan browser untuk desktop yang eksperimental, bisa digunakan untuk Windows dan Mac.

"Kami ingin memasukkan semua fitur eksperimental kami, ide-ide dari Opera, di dalam browser ini. Kami ingin menunjukkan, ini merupakan browser masa depan, browser modern yang layak digunakan," ujar Head of Public Relation and Communicaton Opera Asia, Peko Wan, kepada VIVA.co.id, Kamis 3 Maret 2017.

Opera Neon, Browser Masa Depan?

Untuk menggunakannya, Neon harus diunduh terlebih dahulu melalui situs resmi Opera. Ukuran file-nya memang cukup besar, butuh ruang 67,5 MB.

Saat pertama kali membuka Neon, pengguna pasti tidak akan sadar ternyata Neon telah terbuka. Ini karena tampilan dan antarmuka Neon tidak seperti browser kebanyakan. Neon tidak menggunakan task bar atau bookmark bar namun tetap mempertahankan URL bar.

Rupiah Amblas ke Rp 16.270 per Dolar AS Pagi Ini

Fitur tabs juga dihilangkan, diganti dengan mode buih (bubbles) yang tersemat di bagian kanan browser. Menu situs yang berada di tengah tampilan juga menggunakan konsep bubbles. Latar belakang halaman browser juga secara otomatis menjadi latar belakang halaman tabs.
 

Yang menarik, Opera Neon memiliki menu screenshot sendiri ketimbang harus mengunduh melalui add ons sendiri. Selain menu 'menangkap gambar layar', Neon juga punya menu mengontrol audio dan video. Dengan kata lain, video YouTube yang telah pengguna buka bisa mengecil, seolah menjadi insert yang diletakkan di sisi kiri. 

Selain itu, Neon juga memungkinkan pengguna membuka dua halaman browser sekaligus dalam satu layar laptop. Ini sama dengan split screen view di iOS dan Android. 

Opera saat ini telah memiliki beberapa browser dan tools di Playstore. Selain Opera desktop, ada juga Opera Mini, Opera Mobile, lalu Opera TV (untuk Smart TV) dan Opera Free VPN. Neon telah diluncurkan sejak Januari tahun ini di pasar browser global.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya