Selfie dan Chatting dengan Orang Mati lewat Aplikasi Ini

Aplikasi With Me buatan ELROIS
Sumber :
  • ELROIS

VIVA.co.id – Teknologi memang diprediksi mampu menghidupkan kembali orang yang sudah mati. Seperti aplikasi buatan Korea Selatan ini, yang memungkinkan pengguna smartphone berfoto selfie dengan teman, kerabat, keluarga, yang sudah mati.

Perusahaan Tak Punya Aplikasi Mobile, Siap-siap Ketinggalan

Aplikasi tersebut dinamakan With Me. Di dalamnya mengkombinasikan teknologi 3D dan artificial intelligence untuk menciptakan kembali gambar dan personaliti dari seorang yang telah almarhum.

Dilansir melalui Mirror.co.uk, With Me merupakan aplikasi besutan ELROIS, sebuah perusahaan asal Korea Selatan yang memang ahli membuat avatar tiga dimensi yang hasilnya hampir mirip dengan foto asli. 

Pamer Aplikasi Baru, Dirut PLN Tampil Bikin Podcast

"Aplikasi ini didesain untuk mereka yang sulit move on, yang susah untuk pindah dari kenangan masa lalu, yang masih sulit kehilangan teman, kerabat atau keluarganya," ujar juru bicara ELROIS.

Dijelaskan pihak ELROIS, foto 3D ini pada dasarnya diambil dari foto orang yang sebenarnya. Namun konsepnya ditambahkan sedikit interaksi sehingga bisa berkomunikasi dengan pengguna. 

New Normal Saat Corona, Belanja Lewat Aplikasi Mobile Jadi Terbiasa

Artificial Intelligence dalam teknologi ini akan membantu avatar tersebut untuk mengenali wajah pengguna, suara dan bahkan informasi personal mereka.

Dalam proses pembuatannya, pengguna harus memberikan foto dari orang yang ingin 'dibangkitkan'. Foto tersebut kemudian dipindai dan dijadikan format 3D. Berikutnya, hasil pemindaian akan di-upload ke dalam aplikasi sehingga berbentuk mirip dengan aslinya.

Avatar dari orang yang sudah mati itu bisa disematkan ke dalam foto selfie pengguna, atau digunakan dalam aplikasi pesan instan. Dengan demikian, pengguna seolah masih bisa ber-selfie ria dengan orang tersebut, atau masih bisa chatting dengan almarhum, padahal orang itu sudah tiada. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya