Makin Banyak Perusahaan Ikut Aksi Boikot YouTube

Logo YouTube.
Sumber :
  • Viva.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – Setelah pemerintah Inggris dan perusahaan advertising GrupM Malaysia, makin banyak perusahaan yang ikut aksi memboikot YouTube. Perusahaan-perusahaan itu mengatakan tidak lagi percaya pada keamanan brand merek, saat beriklan di YouTube.

Waktu yang Pas Berhubungan Seks di Bulan Ramadhan dan Aturan Mandi Junub Agar Puasa Tetap Sah

Dilansir melalui Sidney Morning Herald, perusahaan seperti Bunnings, Foxtel, dan Caltex menyusul tolak beriklan di YouTube. Mereka sepakat, jika Google kerap menampilkan iklan-iklan perusahaan di konten yang tidak pantas, baik terorisme maupun ekstremisme.

Selain tiga perusahaan itu, ada juga Vodafone, Nestle, Holden, dan Kia yang juga menahan tayangan iklan mereka di YouTube. Google dianggap lalai dan kurang memperhatikan konten di dalam YouTube, termasuk tidak jeli melihat konten yang dianggap membahayakan image merek-merek tersebut.

Teuku Ryan Tak Bisa Janjikan Tak Poligami, Serahkan Semua Kepada Allah

Sebelumnya, agensi iklan GrupM menyadari adanya kelalaian Google menaruh iklan-iklan di konten video terorisme dan ekstermisme. Dengan peletakan iklan seperti itu, sama saja Google mendukung aksi-aksi tersebut, bahkan cenderung memberikan donasi melalui bayaran YouTube ads kepada pemilik channel.

Agensi iklan itu mengimbau kepada Google untuk menekankan beberapa hal terkait iklan di YouTube. Pertama adalah membuka akses ke semua platform untuk teknologi verifikasi iklan yang dimiliki pihak ketiga. Ini untuk mencegah adanya penipuan iklan dan menjaga keamanan merek. 

Spesifikasi Singkat Infinix Note 40 Series yang Akan Hadir di Indonesia

Mereka juga meminta, Google menciptakan dan menekankan aturan dan pedoman yang lebih kuat untuk ketagorisasi dan kurasi konten.

Terakhir, merek mengharapkan Google melakukan demonetisasi terhadap keseluruhan konten video yang tidak bisa menjamin keamanan merek, terutama konten baru di YouTube. (asp)

Nikita Mirzani

Ulang Tahun, Nikita Mirzani Traktir Makan dan Bagi THR ke Ojol

Selain merayakan ulang tahun bersama teman-temannya di tempat mewah, Nikita Mirzani turut serta berbagi kebahagiaan bersama sejumlah pengemudi ojek online yang ditemuinya

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2024