Cari Uang di YouTube, Cek Perubahan Besarnya

Logo YouTube.
Sumber :
  • Viva.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – YouTube sudah menjadi media baru untuk mencari uang dengan video. Namun siap-siap saja bagi Youtuber, sebab YouTube kemarin mengumumkan perubahan besar program untuk monetisasi pada platformnya. 

Merinding, Beredar Gambar yang Diduga Penampakan Seorang Youtuber Cantik Swafoto dengan Setan

Dikutip dari Mashable, Jumat 7 April 2017, dalam pengumuman perubahan besarnya, YouTube menyaratkan Youtuber atau kreator yang ingin mendapatkan uang di platform video ini harus punya penonton atau viewer minimal 10 ribu. Setelah mencapai jumlah penonton tersebut, Youtuber tersebut baru bisa menjalankan iklan pada saluran mereka. 

YouTube beralasan ambang batas baru tersebut akan menjadi bekal untuk menentukan validasi saluran yang diciptakan Youtuber. 

Sang Anak Minta Transfer Uang ke Jemaat, Sumber Penghasil Pendeta Gilbert Jadi Sorotan

"Ambang batas baru ini juga memungkinkan kami untuk mengonfirmasi sebuah saluran mengikuti pedoman komunitas dan kebijakan periklanan kami," jelas Vice President Product Management YouTube, Ariel Bardin dalam keterangannya di blog perusahaan. 

Bardin menjelaskan, ambang batas 10 ribu penonton itu, maka Youtube akan memastikan bisa memandu keinginan dan ambisi sang kreator di YouTube.

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

YouTube menegaskan, pendapatan saluran Youtuber sebelum keputusan perubahan ini tak akan terdampak.

Perubahan kebijakan monetisasi YouTube itu muncul setelah beberapa waktu lalu muncul iklan pada saluran video ekstremis dan mendukung ujaran kebencian. Dampak dari hal itu, YouTube pada bulan lalu melakukan perubahan sistem iklan untuk memastikan kendali yang lebih baik di masa depan. 

Perubahan kebijakan iklan itu juga untuk muncul usai banyaknya keluhan pengguna atas feebooting, atau video populer yang diunggah kembali tanpa izin. 

Program monetisasi di YouTube pertama lahir dari YouTube Partner Program yang diciptakan pada 2007. Kemudian pada 2012, YouTube membuka program monetisasi ini ke semua kreator di platformnya. (hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya