Menghentikan Upaya Google Membuntuti Pengguna

Ilustrasi Google Maps.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – Jika anda lupa ke mana bepergian pada waktu-waktu di masa lalu, ada baiknya anda mengecek sejarah lokasi (Location History) di smartphone Android anda.

Pemudik Bisa Pantau Google Maps, Banyak Info Baru

Dilaporkan Business Insider, dari hasil penelitiannya, ternyata Google bisa melacak lokasi yang pernah dikunjungi penggunanya. Bahkan menurut dia, semua sejarah kunjungan tersimpan dengan baik di perangkat berbasis sistem operasi Google itu.

Semua itu sangat mungkin terjadi berkat adanya fitur Location History di smartphone. Jika fitur itu dibuka, akan terkuak semua sejarah lokasi kunjungan, yang dideteksi mengandalkan GPS di smartphone.

Cara Menikmati Ramadhan Bersama Google

Yang menarik, tidak mudah untuk mematikan GPS tersebut karena hampir semua fitur yang ada di Android terhubung dengan GPS. Tidak heran jika GPS di banyak smartphone terus menyala dan penggunanya tidak peduli jika hal tersebut menyimpan banyak sejarah kunjungan.

Location History biasanya akan ditawarkan untuk aktif saat anda mulai menggunakan smartphone dan akun Google. Jika tidak ingin mengaktifkannya, pengguna tak perlu mencontreng fitur ini.

Top Trending: Putri Elvy Sukaesih Dukung Anies hingga Mayat Warga Gaza Dimakan Kucing

Menurut laporan Business Insider, Location History ini sangat berguna bagi Google, sebagai perusahaan digital. Dengan demikian, mereka bisa mempelajari pola pergerakan penggunanya, tujuan mana yang menjadi favorit pengguna. Ke depan, bahkan Google akan bisa memberikan saran tempat kunjungan atau memberikan notifikasi trafik di jalan. 

Jika tidak ingin Google melacak alur bepergian kita, cukup men-delete isi Location History yang ada, tanpa perlu menonaktifkan GPS. Hapus semua sejarah kunjungan, atau menghapus salah satu kunjungan tertentu yang ada di timeline itu.

Atau jika Anda tidak ingin Location History tersebut melacak alur bepergian anda, nonaktifkan saja. Tinggal sentuh tombol Pausa di bagian bawah timeline di desktop atau di smartphone. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya