Indonesia Sudah Bersih dan Aman dari WannaCry

Ilustrasi virus komputer.
Sumber :
  • Pixabay/geralt

VIVA.co.id – Beberapa hari, Indonesia turut heboh dengan virus ransomware WannaCry. Namun kini, sebaran ransomware itu dilaporkan sudah tak semasif akhir pekan lalu.

Ransomware WannaCry dan Cuci Tangan Intelijen AS

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara menuturkan, saat ini Indonesia sudah aman dari ransomware tersebut. 

"WannaCry itu sudah bersih dari Indonesia. Pagi ini sudah tak ada isu lagi. Boleh dikatakan aman," ujar Rudiantara di di Fairmont Hotel, Senayan, Jakarta, Rabu 17 Mei 2017.

Indonesia Jadi Bidikan Hacker, Tak Ada yang 100 Persen Aman

Dia mengakui, memang masih ada kasus penyebaran WannaCry, namun itu terbilang sedikit, tak sampai besar dibanding yang terjadi sebelumnya. Angkanya diperkirakan tak signifikan 

"Sudah aman, kita aman. Mungkin tak sampai 100 persen. Kalau satu yang kena dari ratusan hingga jutaan komputer di Indonesia, apalah artinya," kata dia. 

Boeing Disusupi Malware WannaCry

Dalam kesempatan tersebut, pria yang akrab disapa RA itu menyampaikan terima kasih atas peran media elektronik, cetak, koran, media online, televisi, radio dan operator telekomunikasi di Indonesia sehingga insiden tersebut dapat teratasi dengan relatif cepat. 

"Saya juga ucapkan terima kasih bagi yang membantu mengamankan Indonesia jadi lebih baik lagi dari negara lain, khususnya Eropa," ujarnya. 

Sebelumnya, serangan siber berupa ransomware WannaCry telah menghantam jaringan komputer di dunia. Dampaknya, jaringan di rumah sakit, bank dan instansi pemerintah di berbagai negara dunia terkena virus pemalak tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya