Sambut Hari Pancasila, 'Saya Indonesia' Serbu Media Sosial

Persiapan Upacara Hari Kelahiran Pancasila
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id – Pengguna internet Tanah Air mulai ramai menyambut peringatan hari Lahir Pancasila 1 Juni. Sambutan tersebut diungkapkan dengan ramai-ramai mengunggah foto dengan tema 'saya Indonesia saya pancasila'. 

Megawati Sindir Pihak yang Kritik Pancasila: Jangan Hidup di Indonesia!

Di beberapa platform media sosial seperti Instagram dan Facebook, sudah banyak pengguna akun media sosial itu yang mengunggah foto frame 'saya Indonesia saya Pancasila' dengan foto wajah masing-masing. 

Misalnya di Instagram, postingan foto tersebut diikuti dengan tagar #sayaIndonesia #sayaPancasila. Demikian juga di Facebook, para penggunanya mengunggah foto bertema 'saya Indonesia saya Pancasila'. 

Pimpin Upacara Hari Pancasila, Jokowi: Saya Ajak Semuanya Menolak Politisasi Identitas

1 Juni merupakan tanggal saat kata 'Pancasila' pertama kali diucapkan oleh Bung Karno yang saat itu belum diangkat menjadi Presiden Indonesia. Pada 1945, untuk pertama kalinya Pancasila diperkenalkan pada sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Pancasila ditetapkan sebagai Dasar Negara pada sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada 18 Agustus 1945.

Distrik Seni Kini Hadir di Sarinah

Lahirnya Pancasila dalam sidang BPUPKI tersebut berada dalam suasana di bawah pengawasan ketat tentara Jepang. Bung Karno membacakan pidato tentang usulan dasar negara tersebut.

Bung Karno mengakui dia bukan penemu Pancasila, tapi hanya penggali Pancasila. Konsepsi Pancasila merupakan buah perenungan Bung Karno atas perjuangan berpuluh-puluh tahun bangsa Indonesia. Konsepsi Pancasila Bung Karno juga termasuk lahir dalam kontemplasinya saat berada dalam pembuangan di Ende. 

Saat pemimpin sidang BPUPKI, Radjiman Wedyodiningrat mengajukan pertanyaan tentang dasar negara, Bung Karno menjawab pertanyaan tersebut dalam pidato tanpa teks, sistematis dan jernih. Bung Karno langsung menjawabnya, dasar negara itu adalah Pancasila.

71 tahun setelah munculnya 'Pancasila' itu, pemerintah Indonesia menetapkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila. Peresmian 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila dalam kalender nasional dilakukan dalam sebuah upacara di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat, Rabu 1 Juni 2017. 

Keputusan Presiden Nomor 24/2016 telah diteken Presiden Joko Widodo. Isinya, menetapkan 1 Juni sebagai hari libur dan diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya